Di Tengah Corona Mewabah, 39 TKA Asal Cina Masuk ke Bintan

WNA asal Cina saat berada di pelabuhan Bulanglinggi Tanjunguban Bintan. (Foto: Harjo)

SALAM-ONLINE: Di tengah Virus Corona yang berumber dari Cina mewabah, sebanyak 39 tenaga kerja asing (TKA) asal negara komunis itu, masuk ke Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, melalui Pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban, Selasa (31/3/20).

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjungpinang Agus Jamaludin membenarkan kedatangan puluhan TKA asal Cina itu.

“Benar, hari ini ada sekitar 39 TKA asal Cina masuk ke Kabupaten Bintan,” kata Agus Jamaludin di Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (31/3).

Agus mengatakan seluruh TKA tersebut telah menjalani pengecekan suhu tubuh dan tidak ada yang menunjukkan gejala Covid-19.

“Mereka juga dilengkapi surat keterangan sehat dari negaranya,” ujarnya.

Dari laporan yang diterima pihaknya, Agus mengatakan para TKA itu akan menuju ke PT Bintan Alumina Indonesia (BAI). Tapi belum dapat dipastikan apakah untuk keperluan bekerja atau yang lain.

Baca Juga

“Saya tidak tahu pasti, silakan konfirmasi ke PT BAI atau Disnaker Bintan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan Indra Hidayat menyebut sudah menerima informasi mengenai kedatangan puluhan TKA asal Cina itu.

Pihaknya bersama tim terpadu yang meliputi Disnaker Bintan, Disnaker Provinsi Kepri, Polres, Dinas Kesehatan, Imigrasi Tanjungpinang, Badan Intelijen Negara (BIN) dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), akan turun ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan terhadap tenaga kerja asing tersebut.

Insyaa Allaah, besok kami akan turun pemeriksaan ke PT BAI,” kata Indra. (S)

 Sumber: Antara, Batamtoday

Baca Juga