Hamas Puji Pidato Presiden Palestina dalam Sidang PBB

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh (kanan) dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kiri)

SALAM-ONLINE.COM: Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh pada Sabtu (26/9/20) memuji pidato Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam Sidang Majelis Umum PBB, kantor berita resmi Wafa melaporkan.

Sambutan positif itu diungkapkan oleh pemimpin Hamas tersebut dalam percakapan telepon dengan Abbas.

“Pidato Abbas mencerminkan momen yang (dilalui oleh rakyat Palestina) dalam tahap bersejarah ini,” kata Haniyeh seperti dilansir Kantor Berita Anadolu, Sabtu (26/9).

Dalam pidatonya pada Jumat (27/9), Abbas mengatakan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) belum mengamanatkan pihak mana pun untuk berbicara atas namanya.

“Kami tidak akan tunduk atau mengabaikan hak kami meskipun ada blokade tidak adil yang menargetkan keputusan nasional kami,” tegas Abbas.

Baca Juga

Sebelumnya Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain menandatangani perjanjian yang disponsori AS awal bulan ini untuk menormalkan hubungan mereka dengan Zionis penjajah.

Warga Palestina telah mengecam kesepakatan normalisasi hubungan itu sebagai pengkhianatan perjuangan mereka melawan penjajahan/pendudukan Zionis selama puluhan tahun di tanah mereka.

Dalam pembicaraan telepon dengan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, Abbas menekankan dukungannya terhadap upaya yang bertujuan untuk mempromosikan dialog antara Fatah, Hamas dan faksi lain sehingga menghasilkan yang diinginkan dan selanjutnya menggelar pemilu.

Pekan lalu, Hamas dan Fatah sepakat dalam pembicaraan di Turki untuk mengadakan pemilu legislatif dan pilpres.

Haniyeh menegaskan kembali dukungan Hamas dalam dialog yang membangun front nasional untuk melawan konspirasi terhadap rakyat Palestina, demikian Wafa. (mus)

Baca Juga