Ini Pertama, Firdaus Memorial Park Makamkan Jenazah Positif Covid-19

BANDUNG (SALAM-ONLINE.COM): Seorang pria berusia 77 tahun yang ditenggarai wafat usai positif mengidap Covid-19, dimakamkan di Taman Wakaf Pemakaman Muslim Firdaus Memorial Park (FMP), Jumat {11/9/20). Ini merupakan jenazah COVID-19 pertama yang ditangani tim pemulasaraan FMP.

Di masa senjanya, pria asal Batu Jajar tersebut memiliki sejumlah tanda-tanda penyakit Corona, sehingga pihak keluarga segera membawa ke RS Kebon Jati. Setelah menjalani rapid test, pria ini dinyatakan positif. Selang beberapa waktu, akhirnya meninggal.

Lokasi lahan pemakaman FMP sendiri berada di Desa Mandalamukti, Kecamatan Cikalongwetan, KBB, di kawasan Taman Wakaf Pemakaman Muslim Firdaus Memorial Park.

Fenomena ditolaknya jenazah Covid-19 memantik Sinergi Foundation (SF) untuk turut serta bergerak. Salah satunya melalui inisiatif penyediaan lahan pemakaman khusus bagi warga yang meninggal karena terinfeksi Covid-19 di Firdaus Memorial Park (FMP), Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung.

FMP menyediakan 1 blok lahan, sejumlah 10 kavling. Dari Jumlah 10 kavling tersebut, memiliki daya tampung sebanyak 60 jenazah. Setiap kavlingnya terdapat 2 lubang/liang lahat, dan setiap lubang/liang lahat dapat diisi hingga 3 jenazah.

Baca Juga

Kini, seiring dengan makin tingginya angka positif Corona di Indonesia, direktur program FMP, Eggie Ginanjar menyatakan siap menampung lebih banyak jenazah Covid-19 jika dibutuhkan.

“Kami sempat berbincang dengan beberapa pihak RS yang mengapresiasi langkah FMP. Saat ini angka Covid-19 terus naik, tapi penyediaan makam masih minim. Semoga ini menjadi jalan bagi kami untuk membantu sesama,” katanya.

Selama prosesi pemakaman, tim FMP dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) standar, dan mengikuti protokol pemakaman jenazah terinfeksi COVID-19 arahan dari Bimas Islam Kemenag RI. Selain itu, disediakan pula booth steril (Sanitizer Booth) di pintu masuk area pemakaman. []

Nurodin (Public Relations of Sinergi Foundation)

Baca Juga