Saudi Hari Ini Terima Jamaah Umrah Pertama di Masa Pandemi

SALAM-ONLINE.COM: Arab Saudi hari ini, Ahad (4/10/2020) menerima jamaah Umrah pertama di masa pandemi Covid-19. Otoritas Saudi telah membuka kembali tempat-tempat suci umat Islam untuk Umrah setelah enam bulan ditutup karena Virus Corona.

Mengikuti protap kesehatan terkait Virus Corona, gelombang pertama jamaah Umrah tiba pada Ahad (4/10) dini hari, kata Kementerian Haji dan Umrah melalui akun Twitter, yang dikutip Anadolu News Agency.

Tanpa memberikan detail lebih lanjut, kementerian membagikan foto para jamaah yang memasuki Masjidil Haram di Makkah.

Warga Saudi dan penduduk asing akan diizinkan untuk melaksanakan ibadah Umrah di Masjidil Haram dengan kapasitas 30% atau 6.000 orang per hari mulai Ahad ini.

Sebelumnya, kantor berita resmi SPA melaporkan bahwa barikade yang ditempatkan di sekitar Ka’bah dan Hajar Aswad akan tetap diberlakukan. Jamaah pun dilarang menyentuhnya sebagai bagian dari tindakan antisipasi terhadap Covid-19.

Baca Juga

Masjid al-Haram, tempat Ka’bah berada, akan didesinfeksi 10 kali sehari, lapor SPA. Ruang karantina juga sudah disiapkan untuk jamaah yang menunjukkan gejala Covid-19.

Pekan lalu, Arab Saudi mengumumkan secara bertahap akan mencabut larangan perjalanan terkait Virus Corona untuk umrah.

SPA mengatakan jamaah lokal dan internasional yang datang untuk Umrah dan beribadah akan diterima mulai 1 November. Sementara Masjidil Haram dan Masjid Nabawi akan dibuka untuk ibadah dalam kapasitas penuh dengan menerapkan secara ketat protap kesehatan terkait Covid-19.

Karena pandemi, ibadah haji tahun ini terbatas untuk mereka yang tinggal di Arab Saudi. Jamaah haji dari luar negeri tidak diterima. (mus)

Baca Juga