Simulasi Pilpres 2024 Indostrategic: Anies-AHY Kalahkan Prabowo-Puan

Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono

SALAM-ONLINE.COM: Indostrategic membuat simulasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Hasilnya, pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono menempati urutan teratas dengan elektabilitas sebesar 20,25 persen.

Di urutan kedua adalah asangan Prabowo Subianti dan Puan Maharani dengan elektabilitas sebesar 14,65 persen.

“Paling tinggi Anies Baswedan-AHY 20,25 persen. Prabowo-Puan 14,65 persen,” kata Direktur Eksekutif Indostrategic A. Khoirul Umam saat rilis survei secara daring, Selasa (3/8/2021).

Kemudian menyusul pasangan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil 8,05 persen, Ridwan Kamil-Sandiaga Uno 7,35 persen dan Prabowo-Ridwan Kamil 5,13 persen.

Khoirul Umam menjelaskan, pasangan Anies-AHY berada di posisi teratas karena masyarakat menginginkan calon pemimpin baru.

Namun, pasangan ini membutuhkan kerja keras karena Anies tidak punya dukungan politik yang riil. Hanya AHY yang punya tiket partai. Perlu meyakinkan partai lain untuk membentuk koalisi.

Baca Juga

“Bagaimanapun Anies tidak punya dukungan politik riil. Harus meyakinkan partai politik mitra untuk membentuk koalisi,” ujar Umam.

Sementara, meski berada di posisi kedua pasangan Prabowo-Puan memiliki dukungan partai yang riil dan kuat. Menurut Umam, hasil survei elektabilitas ini bisa saja pasangan Prabowo-Puan didorong pada hasil riilnya dengan kekuatan mesin politik partai.

“Memang mesin politik menentukan, angka ini berpotensi terboosting lebih tinggi,” terangnya.

Indostrategic menggelar survei tatap muka pada 23 Maret – 1 Juni 2021. Survei mengambil responden sebanyak 2.400 dengan metode multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error sebesar 2 persen. []

Sumber: merdeka

Baca Juga