Turki dan Qatar Kerja Sama Bantu Afghanistan

Duta Besar Turki untuk Qatar Dr Mehmet Mustafa Goksu

SALAM-ONLINE.COM: Duta Besar Turki Dr Mehmet Mustafa Goksu di Doha mengatakan bahwa Qatar dan Turki sedang melakukan koordinasi dalam masalah Afghanistan. Dikatakan, kerja sama antara kedua negara tengah berlangsung, antara lain dalam membantu pengoperasian Bandara Internasional Hamid Karzai di Ibu Kota Kabul.

“Ankara dan Doha secara konsisten membahas kondisi kemanusiaan, keamanan dan perkembangan politik di Afghanistan mengingat pentingnya perdamaian dan keamanan internasional bagi rakyat Afghanistan,” kata Mustafa Goksu kepada harian Qatar Al Raya, Selasa (14/9/2021), Kantor Berita Anadolu melaporkan.

Goksu mengatakan, ada kerja sama yang bermanfaat antara Turki dan Qatar dalam pengoperasian Bandara di Kabul karena dianggap sebagai “penyelamat” bagi mereka yang terdampar di Afghanistan. Dia mencatat bahwa kerja sama telah berlangsung antara kedua negara dalam memberikan dukungan teknis untuk pengoperasian bandara.

“Ada konsensus antara Ankara (Turki) dan Doha (Qatar) tentang cara membangun keamanan dan stabilitas di Afghanistan,” ungkap Goksu.

Baca Juga

Dia juga menggarisbawahi pentingnya komunitas internasional agar tetap menjaga keterikatan dengan Taliban untuk membawa bantuan kemanusiaan bagi rakyat Afghanistan.

Goksu memuji upaya Qatar untuk menjadi tuan rumah bagi Afghanistan dan memberikan bantuan kemanusiaan yang dibutuhkan. Dia mengapresiasi upaya diplomatik dan kemanusiaan yang dilakukan Qatar untuk meringankan penderitaan rakyat Afghanistan.

Dalam 10 hari selama Agustus lalu, Taliban mengumumkan kendalinya atas sebagian besar wilayah Afghanistan bersamaan dengan penarikan militer AS dari negara itu setelah 20 tahun bercokol. (S)

Baca Juga