Hamas dan Menlu Afghanistan Gelar Pembicaraan Via Telepon

Kepala Biro Politik Hamas Palestina, Ismail Haniyeh

SALAM-ONLINE.COM: Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh menggelar pembicaraan melalui telepon dengan penjabat Menteri Luar Negeri Afghanistan di bawah Taliban, Amir Khan Muttaqi, pada Sabtu (2/9/2021), kata kelompok perlawanan Palestina itu, sebagaimana dilansir Kantor Berita Anadolu, Ahad (3/9/2021).

“Dalam pembicaraan, Haniyeh memuji kemenangan Taliban atas pasukan pendudukan AS di Afghanistan,” demikian pernyataan Hamas.

Haniyeh menyuarakan harapannya kepada Taliban dapat mengambil peran dalam mendukung saudara-saudara mereka di Palestina untuk membebaskan Al-Quds, Palestina.

Dia juga menggarisbawahi perlunya menjaga agar Palestina ada dalam pidato-pidato Kementerian Luar Negeri Afghanistan.

Baca Juga
Menlu Afghanistan yang ditunjuk Taliban, Amir Khan Muttaqi. (Foto: AFP)

Selain itu Haniyeh meminta Taliban menyuarakan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan Zionis penjajah di tanah Palestina.

Sementara dalam percakapan itu Muttaqi menyatakan kebanggaannya atas perjuangan rakyat Palestina dan ketabahan mereka dalam melakukan perlawanan terhadap zionis (penjajah) hingga saat ini.

Seperti diketahui, pada pertengahan Agustus lalu, Taliban menguasai Afghanistan bersamaan dengan penarikan pasukan AS dari negara itu. Dan pada September, Taliban mengumumkan pemerintahan sementara untuk membenahi Afghanistan. (S)

Baca Juga