AS Mengklaim Bunuh Pemimpin Senior Terkait Al-Qaidah di Suriah

Pasukan Komando Pusat AS

SALAM-ONLINE.COM: Komando Pusat Amerika Serikat (CENTCOM) menyatakan bahwa Pasukan CENTCOM AS melancarkan serangan kinetik di provinsi Idlib, Suriah, pada Senin (27/6/2022) dengan target Abu Hamzah al-Yemeni, seorang pemimpin senior Hurras al-Din, kelompok yang berafiliasi pada Al-Qaidah.

“Pembunuhan terhadap pemimpin senior ini akan mengganggu kemampuan Al-Qaidah untuk melakukan serangan terhadap AS, mitra kami dan warga sipil di seluruh dunia,” klaim CENTCOM yang dikutip Middle East Monitor (MEMO), Selasa (28/6).

Al-Yaman dikatakan bepergian sendirian dengan sepeda motor di provinsi barat laut pada saat pemogokan.

Baca Juga

Seorang pejabat AS mengatakan kepada CNN bahwa Pentagon “sangat yakin” serangan yang dilakukan oleh pesawat tak berawak itu telah menewaskan pemimpin senior tersebut.

Serangan itu dilancarkan menyusul penangkapan koalisi pimpinan AS terhadap seorang pemimpin senior “ISIS” (Daesh) di Aleppo, Suriah utara, yang diidentifikasi sebagai Hani Ahmed Al-Kurdi.

Al-Kurdi, pembuat bom berpengalaman yang naik ke peringkat teratas kelompok teroris di Suriah itu digambarkan oleh AS sebagai “bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan kegiatan teroris di seluruh wilayah”. (mus)

Baca Juga