Sri Lanka Bangkrut, Presiden Rajapaksa Kabur dari Negaranya

Pengunjuk rasa memegang poster bergambar Gotabaya Rajapaksa dengan tulisan “Tangkap!”

SALAM-ONLINE.COM: Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa bersama istri dan dua pengawalnya melarikan diri (kabur) dari negara itu dengan pesawat militer pada Rabu (13/7/2022) pagi, demikian menurut beberapa laporan yang mengutip pejabat lokal yang tidak disebutkan namanya. Rajapaksa diduga menuju Maladewa.

Di tengah protes massal setelah krisis ekonomi yang memburuk, Ketua Parlemen Sri Lanka Mahinda Yapa Abeywardena mengatakan pada Sabtu (9/7) bahwa presiden akan mengundurkan diri pada 13 Juli.

Perkembangan itu terjadi setelah ratusan ribu pengunjuk rasa menyerbu istana kepresidenan di Kolombo pada Sabtu dan juga membakar rumah perdana menteri, lapor Anadolu News Agency, Rabu (13/7).

Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe juga telah setuju untuk mengundurkan diri setelah pembentukan pemerintahan semua partai.

Presiden Rajapaksa dievakuasi dari istana presiden dan keberadaannya saat ini tidak diketahui. Kaburnya Rajapaksa dari negaranya disebut ketakutannya terhadap tuduhan yang akan mengadilinya terkait KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme) yang selama ini dilakukannya.

Baca Juga

Lumpuh karena kekurangan devisa setelah terpuruknya ekonomi yang bergantung pada pariwisata, negara pulau berpenduduk 22 juta orang itu telah gagal membayar semua utang luar negerinya.

Sri Lanka tidak mampu membayar bahan bakar dan kebutuhan pokok lainnya, yang mengakibatkan munculnya protes anti-pemerintah. Kurangnya bahan bakar untuk menjalankan pembangkit listrik pada gilirannya menyebabkan pemadaman listrik setiap hari. Sekolah ditutup dan pegawai negeri diminta untuk bekerja dari rumah.

Pemerintah sedang bernegosiasi dengan Dana Moneter Internasional (IMF) untuk paket bailout (dana talangan).

Para pengunjuk rasa menyalahkan dinasti politik Rajapaksa atas krisis tersebut. Salah seorang saudara Rajapaksa, Mahinda Rajapaksa, mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada Mei lalu. (mus)

Baca Juga