Ada Penembakan di Kantor MUI Pusat, Kata Polisi Pelakunya Tewas

Kondisi bagian dalam menuju parkir Gedung MUI Pusat, Jakarta yang mengalami kerusakan pascainsiden penembakan pada Selasa (2/5/2023) siang. (Tangkapan Layar)

SALAM-ONLINE.COM: Aksi penembakan terjadi di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Jakarta, Selasa (2/5/2023). Pelakunya orang tak dikenal. Menurut Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin, pelakunya tewas.

Wakil Ketua Umum MUI KH Dr Anwar Abbas membenarkan peristiwa penembakan itu. Petugas keamanan MUI cepat bertindak, sehingga pelaku berhasil dibekuk.

Dikabarkan, ada dua orang terluka dan dibawa ke rumah sakit. Aparat polisi pun tiba di TKP, kemudian mengamankan pelaku. Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan kejadian ini sedang didalami.

“Benar, lagi didalami,” ujarnya kepada wartawan.

Komaruddin juga mengatakan, pelaku penembakan di Kantor Pusat MUI itu sudah tewas. Namun seperti dilansir Republika, Selasa (2/5), Komaruddin belum dapat memberikan penjelasan detail soal penyebab tewasnya si pelaku nekat tersebut.

Kapolres juga belum mendapatkan laporan lengkap soal identitas pelaku penembakan yang terjadi pada Selasa (2/5/2023) di Jalan Proklamasi 51 Menteng, Jakpus tersebut. “Pelakunya sudah meninggal,” kata Kombes Komaruddin saat dihubungi wartawan via sambungan seluler, Selasa (2/5).

Baca Juga

Komarudin mengatakan, pihaknya belum berani menentukan motif penembakan. “Nanti kalau sudah dapat identitas pelaku, latar belakang (motif) dan sebagainya, modus, dan sebagainya, nanti kita rilis,” ujar Kombes Komaruddin. Untuk sementara, terangnya, laporan yang masuk kepadanya, pelaku penembakan hanya satu orang.

Sedangkan korban ada yang mengalami perawatan akibat terkena serpihan tembakan, dan pecahan kaca. “Untuk korban yang dikabarkan baru satu yang luka-luka. Tapi nanti saya cek dulu nanti. Infonya masih terus kita dalami,” ujar Kapolres.

Kombes Komaruddin juga mengatakan, tim kepolisian saat ini sedang melakukan pengecekan tempat kejadian perkara (TKP), dan memastikan senjata api yang dibawa pelaku, saat ini dalam penguasaan kepolisian.

Penembakan yang dilakukan orang tak dikenal terjadi sekitar pukul sebelas siang, di Gedung MUI, Jakpus, Selasa (2/5/2023). Belum ada informasi tentang korban jiwa dalam dari aksi nekat itu. Tetapi peluru tembakan yang dipicu laki-laki berbaju merah kotak-kotak tersebut mengenai dan menghancurkan pintu kaca akses utama Gedung MUI.

Pantulan sasaran peluru dari senjata api, mengenai sejumlah pegawai dan staf setempat. Beberapa orang dikabarkan luka-luka terkena pecahan kaca. Kepolisian sampai saat ini masih mencari tahu motif dari aksi nekat tersebut. []

Baca Juga