Hari Ini Turki Menggelar Pemilihan Presiden dan Parlemen

SALAM-ONLINE.COM: Lebih dari 64,1 juta pemilih mulai menuju tempat pemungutan suara (TPS) di Turki untuk memilih presiden dan anggota parlemen negara itu pada Ahad (14/5/2023), dimulai pukul 8 pagi waktu setempat (pukul 12.00 WIB/13.00 WIB).

Lebih dari 64,1 juta orang terdaftar untuk memilih, termasuk 1,76 juta lebih yang telah memberikan suara mereka di luar negeri dan 4,9 juta pemilih pemula, lapor Kantor Berita Anadolu, Ahad (14/5).

Sebanyak 191.885 kotak suara telah disiapkan untuk pemilih di Tanah Air.

Setiap pemilih akan memberikan dua surat suara, satu untuk presiden dan satu lagi untuk anggota parlemen, Keduanya akan menjabat selama lima tahun.

Pemilih akan memilih antara Presiden Recep Tayyip Erdogan, yang mencalonkan diri kembali, kandidat oposisi utama Kemal Kilicdaroglu, dan Sinan Ogan.

Baca Juga

Muharrem Ince, calon presiden lainnya, mengundurkan diri dari pencalonan pada Kamis (11/5) lalu.

Lebih dari 30 partai politik dan lebih dari 150 calon anggota parlemen independen akan bertarung dalam pemilihan tersebut.

Ada lima blok multipartai, yaitu Aliansi Rakyat, Aliansi Bangsa, Aliansi Leluhur, Aliansi Buruh dan Kebebasan, dan Aliansi Kekuatan Sosialis. (S)

Baca Juga