Perusahaan Raksasa Pertahanan Turki Berhasil Menguji Rudal Balistik Tayfun

Uji coba sistem rudal balistik jarak pendek Tayfun, Rize, Türkiye, 23 Mei 2023. (Foto DHA)

SALAM-ONLINE.COM: Perusahaan raksasa pembuat rudal Turki, Roketsan, Selasa (23/5/2023) berhasil menguji rudal balistik jarak pendek Tayfun (Typhoon) di provinsi Rize di Laut Hitam negara itu.

Ismail Demir, Kepala Kepresidenan Industri Pertahanan (SSB), seperti dilansir Daily Sabah, Selasa (23/5) mengucapkan selamat kepada tim yang terlibat dalam proyek tersebut.

Sebelumnya Tayfun dibuat untuk rudal jarak jauh Türki. Roketsan sebelumnya menguji rudal tersebut pada Oktober 2022, ketika mencapai target dari jarak 560 kilometer (sekitar 348 mil).

Sementara itu, gambar rudal balistik Cenk, yang diumumkan oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan setelah diperkenalkannya Tayfun, pertama kali ditampilkan oleh kepala SSB pada 12 Mei 2023.

Baca Juga

Cenk lebih besar dari sistem rudal balistik Roketsan sebelumnya, Bora dan Tayfun.

Roketsan adalah pengembang terkemuka sistem rudal. Roket Perusahaan tersebut telah mengembangkan beberapa jenis amunisi pintar yang ditembakkan dari pesawat udara tempur tak berawak (UCAV) Bayraktar TB2 Turki di beberapa zona perang, termasuk Suriah, Karabakh dan Ukraina.

Melalui Bayraktar TB2, amunisi pintar tersebut menghancurkan peralatan militer musuh dari tank dan howitzer hingga sistem pertahanan udara. (S)

Baca Juga