PARAH, MAJALAH SPANYOL TURUT TERBITKAN “KARTUN NABI”

MADRID (salam-online.com): Latah atau karena memang ada agenda tertentu?

Adalah majalah satir politik Spanyol El Jueves turut menerbitkan “kartun Nabi Muhammad” di sampulnya.

Reuters edisi terbaru melansir, majalah El Jueves telah beredar di kios-kios majalah Spanyol pada Rabu (26/9/2012).

Majalah tersebut menampilkan gambar beberapa Muslim dalam barisan yang diberi judul ”Pero…. ¿alguien sabe cómo es Mahoma?” (Tapi …. Apakah ada yang tahu bagaimana Muhammad?).

Ketika ditanya kantor berita Huffington Post, Editor Majalah El Jueves, Mayte Quilez mengatakan penerbitan “kartun Nabi” ini sebagai keputusan untuk menempatkan majalahnya di  posisi humoris pada isu kontroversial.

”Jika Anda tidak dapat menggambarkan Mohammad, bagaimana Anda tahu itu adalah dia?” tanyanya kepada Huffington Post.

Tak pelak, sebagaimana AS dan Prancis, Spanyol pun dibuat ketar-ketir akan kedubes dan segenap perwakilan mereka di negara-negara Muslim. Dan, tentu saja, Spanyol pun mewanti-wanti warganya yang berada di negara-negara Muslim setelah publikasi kartun penista itu.

Selain Mesir dan Libya, pihak kedubes Spanyol belum mengatakan apakah akan meningkatkan keamanan di negara-negara Arab lainnya.

”Kami masih menganalisis langkah apa yang harus diambil,” kata pihak kementerian luar negeri Spanyol.

Sebelumnya, majalah satir Perancis Charlie Hebdo menerbitkan “kartun Nabi Muhammad”,  Rabu (19/9/2012). Itu terjadi tak lama setelah protes terhadap film ”Innocence of Muslims” memicu kerusuhan di dunia.

Kerusuhan yang menewaskan Duta Besar Amerika Serikat untuk Libya, Christopher Sevens, dan tiga staf kedutaan, lalu 23 korban gugur di Pakistan saat demo di kedubes AS, dan puluhan meninggal di beberapa negara Muslim lainnya. (isa/salam-online.com)

Baca Juga
Baca Juga