Diperluas, Masjid Nabawi Akan Tampung Dua Juta Jamaah

MADINAH (salam-online.com): Pemerintah Arab Saudi mulai mengerjakan rencana renovasi Masjid Nabawai di Madinah. Proyek renovasi akan memperluas masjid suci kedua umat Islam itu hingga menampung dua juta jamaah.

Sesuai rencana, bangunan masjid akan diperluas hingga 614.800 meter persegi. Setelah renovasi, luas total bangunan masjid dan serambi akan menjadi 1,02 kilometer persegi.

“Renovasi akan mengakomodasi satu juta jamaah di dalam masjid dan 800 ribu di serambi,” kata Menteri Keuangan Arab Saudi Ibrahim Al Assaf dalam peletakan batu pertama proyek renovasi seperti dikutip republika dari Arab News, Rabu (26/9/2012).

Proyek renovasi juga mencakup pembangunan dua menara utama, menambah empat menara yang sudah ada di tiap sudut masjid saat ini.

Wilayah sekitar masjid (Central Zone) akan diperluas hingga tiga kali lipat untuk pembangunan hotel, pusat perbelanjaan, dan infrastruktur jalan yang lebih memadai. Untuk mewujudkan itu, pemerintah setempat akan menutup 23 hotel di Central Zone.

Sebagai gantinya, proyek pembangunan 21 hotel segera dirampungkan pada tahun ini. Dalam rencana jangka panjang, renovasi Masjid Nabawi diharapkan dapat menampung hingga dua juta jamaah pada tahun 2040.

Baca Juga
Baca Juga