Ormas Islam Sulteng Desak Pembubaran Densus 88

Densus-88-antiteror-jpeg.imagePALU (SALAM-ONLINE): Lagi, sejumlah ormas Islam mendesak pembubaran Densus 88. Kali ini Ormas Islam di Palu, Sulawesi Tengah, menuntut pembubaran itu.

Sejumlah organisasi masyarakat berbasis Islam di Sulawesi Tengah itu mendesak pembubaran Densus 88 Antiteror karena dinilai sering melanggar hak asasi manusia dalam menjalankan tugasnya.

Ormas Islam itu antara lain Front Pembela Islam, Majelis Ulama Indonesia, Muhammadiyah, Himpunan Mahasiswa Islam, Dewan Masjid Indonesia, Alkhairaat, dan Tim Pembela Muslim.

Selain itu sejumlah ormas Islam yang tergabung dalam Forum Ukhuwah Umat Islam juga mendesak pemerintah mengevaluasi kinerja Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) karena kerjanya sering tumpang tindih dengan Polri.

Ketua Tim Pembela Muslim Sulteng Harun Nyak Item mengatakan, desakan pembubaran Densus 88 Antiteror itu ditujukan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Menurut Harun, Densus 88 Antiteror kerap melanggar hak asasi manusia terutama saat menangkap belasan warga sipil yang diduga terlibat terorisme pada akhir 2012. Warga sipil itu mengalami kekerasan fisik padahal tidak terbukti keterlibatan mereka dalam kelompok sipil bersenjata.

Baca Juga

“Harusnya Densus memiliki bukti kuat sebelum menangkap seseorang,” kata Harun, di Palu, Ahad (28/4/2013).

Beberapa waktu sebelumnya, beredar pula video penyiksaan warga Poso yang dilakukan oleh Densus 88.

“Itu yang baru diketahui publik, mungkin masih banyak pelanggaran yang dilakukan aparat saat bertugas di Poso atau daerah lainnya tapi tidak diketahui masyarakat,” katanya.

Sejumlah ormas Islam itu juga akan menyampaikan desakannya kepada DPRD Sulawesi Tengah dan DPRD Poso terkait pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Densus 88 Antiteror. (rmol.com/salam-online)

Baca Juga