Masjid Siprus Dibuka Lagi Setelah Setengah Abad Ditutup

Siprus-Masjid Tahtakale dibuka kembali setelah setengah abad ditutup-1-jpeg.imageNICOSIA (SALAM-ONLINE): Sebuah masjid di Siprus dibuka kembali setelah selama setengah abad ditutup. Masjid Tahtakale ini berlokasi di salah satu daerah di Ibukota Siprus, Nicosia, dan kembali digunakan untuk beribadah umat Islam, tepatnya pada Selasa (3/6) lalu.

“Insya Allah, dengan izin Allah kita bisa memanjatkan doa-doa kita di masjid ini,” ujar Talip Atalay, Grand Mufti Republik Turki Siprus Utara, seperti dilansir onislam.net.

Siprus-Masjid Tahtakale dibuka kembali setelah setengah abad ditutup-2-jpeg.imageMenurutnya, terdapat beberapa elemen yang kurang di Masjid Tahtakale itu, tetapi ia tidak fokus ke situ, karena baginya yang terpenting umat Islam Siprus bisa beribadah dan memanjatkan doa di masjid tersebut.

“Berada di sini sangat berharga, hal ini sebagai tanda harapan bahwa rasa sakit akan sembuh suatu saat nanti dan semuanya akan berubah menjadi lebih baik,” tuturnya, seperti dikutip Andalu Agency, Kamis (5/6).

Masjid Tahtakale ditutup pada Desember 1963. Saat itu terjadi kerusuhan antar kelompok yang disebabkan pergolakan politik di wilayah bekas jajahan Inggris itu. Kemudian, sejak saat itu pula komunitas Turki yang merupakan kelompok Muslim minoritas, meninggalkan wilayah Tahtakale.

Pada 40 tahun yang lalu Siprus terpecah menjadi dua—bagian selatan Siprus berada di bawah kekuasaan Yunani dan disebut Siprus, sedangkan pada bagian utara menjadi Republik Turki Siprus Utara, negara yang hanya diakui oleh Turki.

Siprus-Masjid Tahtakale-mosque in nicosia cyprus-jpeg.imageSiprus adalah sebuah negara pulau di Laut Tengah bagian Timur atau sekitar 113 km di sebekah selatan Turki. Sekitar 50 tahun yang lalu terjadi pergolakan politik saat Inggris akan menyerahkan Siprus ke Yunani.

Siprus-tahtakale mosque in nicosia-cyprus-jpeg.imagePergolakan ini berakhir setelah Siprus menjadi negara sendiri, urung di bawah kekuasaan Yunani. Namun, pada 1974, kelompok yang didukung Yunani melakukan kudeta dan menyebabkan perpecahan di negara tersebut. Kini, negara Siprus telah terpecah dua hingga saat ini.

Siprus-Masjid tahtakale-mosque-in-nicosia-cyprus-jpeg.imageSejak Februari 2014 lalu, para pemimpin Republik Turki Siprus Utara dan  Siprus Yunani telah terlibat dalam proses perdamaian untuk menyatukan kembali pulau itu.

Sekitar 300 ribu penduduk Muslim bermukim di Republik Turki Siprus. (RoL)

salam-online

Baca Juga