Hasil Survei: ‘Hamas Makin Populer di Palestina’

Hamas-1-jpeg.imageRAMALLAH (SALAM-ONLINE): Survei terbaru memperlihatkan, popularitas Hamas makin meningkat di kalangan warga Palestina sejak agresi Zionis terakhir ke Gaza. Namun kehancuran akibat agresi menutupi capaian yang diraih Hamas.

Kepala Pusat Peneliti Politik Palestina, Khalil Shaqaqi mengungkap, jika pemilu parlemen digelar, sebanyak 39% suara memilih Hamas, jumlah tertinggi yang tercatat sejak tahun lalu, yang hanya mencapai 23%.

Di Tepi Barat, wilayah otoritas Palestina pimpinan Mahmud Abbas, Hamas meraih dukungan 27-32%. Sementara Fatah 36%, ini menurun dari 41% pada Maret lalu.

Shaqaqi mengungkap alasan peningkatan dukungan terhadap Hamas di Tepi Barat disebabkan kegagalan diplomasi Abbas terkait pembentukan negara Palestina di wilayah yang diduduki Zionis dalam perang tahun 1967.

Sementara itu 63% rakyat Palestina di Gaza dan Tepi Barat memperlihatkan ketidakrelaan mereka akan hasil perang antara Zionis dengan Hamas, jika dibandingkan dengan kerugian harta dan jiwa yang diderita Gaza.

Baca Juga

Sedangkan Abbas mengalami penurunan popularitas dari 50% menjadi 44% terkait rekonsiliasi nasional antara Fatah dan Hamas, yang tak kunjung terealisir sampai saat ini.

Sumber: infopalestina.com

salamonline

Baca Juga