14 Mahasiswa UIN Yogya Mengaku Hadir dalam Ibadah Malam Natal Gereja di Solo untuk Penelitian

14 mahasiswa UIN Yogya ikut hadiri malam natal di gereja solo-foto merdeka.com-jpeg.image
14 mahasiswa UIN Yogya mengaku hadir pada acara ibadah malam natal di sebuah gereja di Solo untuk penelitian (Foto: Merdeka.com)

SOLO (SALAM-ONLINE): Sebanyak 14 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta mengaku tidak ikut beribadah merayakan Natal. Para mahasiswa itu menegaskan, kunjungan mereka ke GKJ Margoyudan bertujuan untuk penelitian yang berkaitan dengan keagamaan.

Salah seorang mahasiswa dalam rombongan itu, Mohammad Zulkarnain Aziz, mengaku kehadirannya dan 13 orang temannya sama sekali tidak mengikuti kegiatan ibadah. “Menghadiri bukan berarti mengikuti ibadah, kedatangan kami untuk berdialog, kami ingin jadi agen perdamaian,” jelas Aziz, Jumat (25/12) seperti dikutip Merdeka.com.

Dia dan 13 mahasiswa jurusan Studi Agama dan Resolusi Konflik Fakultas Ushuluddin, menjelaskan alasan memilih gereja itu. Sebab, adanya akses untuk bisa melakukan penelitian di sana, dari Wahyu Nugroho yang merupakan dosen perbandingan teks dengan agama lain di kampusnya sekaligus pendeta di gereja itu.

“Kami kesana karena kami ada akses. Jadi saya tekankan sekali lagi kami murni untuk melakukan penelitian,” terangnya.

Baca Juga

Pihaknya menyadari kedatangannya saat malam misa Natal menimbulkan kontroversi. Meski begitu, Aziz kembali menegaskan rombongannya hadir untuk penelitian, sehingga tahu bagaimana kondisi di sana serta aplikasi kegiatan agama tersebut.

Di sela kedatangannya, lanjut dia, rombongan juga sempat meminta izin menunaikan shalat Maghrib dan Isya di gereja. Karena tidak mempunyai tempat khusus, Pendeta Wahyu Nugroho, yang juga dosen mereka, meminjamkan ruangan pribadinya buat dipakai shalat.

Dia mengaku, kedatangan para mahasiswa Muslim itu juga mendapat sambutan hangat dari ribuan jemaat yang hadir. Kehangatan terlihat saat mereka diperkenalkan kepada para jemaat. Tepuk tangan riuh dari jemaat dan mereka lantas spontan berdiri. Pihaknya juga membantah ada rombongannya ikut berdoa dalam misa Natal itu.

Sumber: http://www.merdeka.com/peristiwa/sedang-penelitian-14-mahasiswa-uin-yogya-bantah-ibadah-malam-natal.html

Baca Juga