Sebelum Gencatan Senjata di Suriah Berlaku, Rusia Lancarkan Serangan Udara Lebih Gencar

Serangan udara Rusia di Suriah-1SALAM-ONLINE: Beberapa jam sebelum diberlakukan gencatan senjata, pesawat jet tempur Rusia melancarkan serangan udara terhadap markas besar kelompok oposisi di Suriah, Jumat (26/2), demikian kelompok pemantau HAM Suriah melaporkan.

“Sejak Kamis malam hingga Jumat (26/2) pagi Rusia melancarkan serangan udara ke markas besar kelompok oposisi, lebih gencar dari sebelumnya, termasuk ke wilayah Ghouta Timur, timur Damaskus, provinsi Homs bagian utara dan provinsi Aleppo di bagian barat,” kata Direktur Syrian Observatory for Human Rights (SOHR) Rami Abdel Rahman seperti dikutip AFP.

Serangan udara Rusia ke wilayah Qabtan al Jabal di Aleppo, Kamis malam, ungkap SOHR, menyebabkan 8 anggota keluarga, termasuk tiga anak, meregang nyawa.

Seperti disepakati oleh AS dan Rusia, gencatan senjata sebagian antara pasukan rezim dengan kelompok oposisi akan diberlakukan pada Jumat tengah malam waktu Damaskus. Namun kelompok ISIS dan jabhah Nushrah (JN) tidak termasuk dalam gencatan senjata itu.

Baca Juga

Sementara dari Turki Perdana Menteri Ahmet Davutoglu menegaskan, negaranya tidak terikat dengan kesepakatan AS dan Rusia terkait gencatan senjata yang diberlakukan di Suriah. (mus)

Sumber: AFP, Anadolu

Baca Juga