Kivlan Zen: “Ada Bukti Dukungan Cina terhadap Kudeta PKI”

Jpeg
Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen (kanan) saat menjadi pembicara di acara Dialog Interaktif ‘Kudeta G30S PKI dalam Perspektif Surat Perintah 11 Maret 1965 (Supersemar), Selasa (29/3), di TIM, Jakarta. (Foto: EZ/salam-online)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Mantan petinggi militer Indonesia Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen mengungkap baru-baru ini arsip Cina tentang pengiriman senjata kepada PKI telah dihancurkan. Walaupun senjata tersebut belum sempat terkirim, hal ini jelas adanya bukti dan pengakuan dukungan Cina terhadap kudeta PKI dan simpatisannya.

“Mengapa Komunis Gaya Baru (KGB) dan Komnas HAM masih mencari bukti ke Amerika Serikat? Padahal, Kementerian Luar Negeri AS dan CIA telah merilis dokumen ketidakterlibatannya, bahkan hal itu merupakan blessing bagi Amerika Serikat karena tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun, PKI atau pengaruh komunis yang merupakan lawan berat Amerika berhasil ditumpas oleh rakyat Indonesia pada 1965,” ujar Kivlan di acara Dialog Interaktif ‘Kudeta G30S PKI dalam Perspektif Surat Perintah 11 Maret 1965 (Supersemar)’, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Selasa (29/3).

Baca Juga

Menurutnya, KGB dekat hubungannya dengan komunis dan pemerintahan Cina yang diktator sentralistis serta ekonomi kapitalis liberal yang kuat dan hegemonis seperti sekarang ini. Cina merupakan rival berat Amerika Serikat, karena hal ini akan memperlemah ekonomi dan kepemimpinan tunggal dunia.

“Dengan demikian, upaya Komnas HAM untuk meminta Pemerintah Amerika Serikat membuka arsip keterlibatan CIA akan mendapat halangan politik dan psikologis dari kalangan yang berkepentingan di Amerika Serikat,” kata mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) ini. (EZ/salam-online)

Baca Juga