Surat Kabar Tua Terbitan 1927 Ungkap Upaya Iran Kacaukan Ibadah Haji

saudi-iran-aksi-demonstrasi-jamaah-haji-iran-pada-1987-pembakaran
Demonstrasi jamaah haji Iran (1987) di Makkah yang disertai dengan pembakaran

RIYADH (SALAM-ONLINE): Sejumlah netizen telah mengunggah halaman surat kabar yang diterbitkan tahun 1927 melalui Twitter. Surat kabar tua itu memberitakan bahwa Iran berusaha mengacaukan pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi.

Halaman surat kabar Al-Fath pada 1927 silam itu melansir bahwa Iran telah menerbitkan informasi palsu sehubungan dengan ritual haji tahunan untuk mendiskreditkan Arab Saudi.

Koran Al-Fath mencontohkan kasus Menteri Dalam Negeri Afghanistan Muhammad Khan Ghulam Shah, yang berencana datang ke Saudi untuk melaksanakan ibadah haji.

Dia membaca berita mengenai haji di Arab Saudi dari media Iran. Tetapi ketika Ghulam tiba di Saudi untuk berhaji dia menemukan realitas yang bertentangan dengan apa yang sebelumnya telah ia baca.

Pada 1987 yang terjadi justru sejumlah jamaah Iran menggelar demonstrasi selama musim haji. Demonstrasi itu mengakibatkan bentrokan berdarah. Saat itu jamaah haji Iran membuat kerusuhan di jalan-jalan Makkah.

Baca Juga

Jamaah Iran menggelar demonstrasi politik di tempat-tempat suci, mengangkat gambar pemimpin mereka, Khomeini dan meneriakkan slogan-slogan provokatif tentang revolusi Iran.

Mereka juga dikabarkan memutus jalan, memblokir lalu lintas dan mencoba menyerbu Masjid Agung. Ini menyebabkan bentrokan antara jamaah haji Iran dengan pasukan keamanan lokal.

saudi-iran-koran-tua-terbitan-1927-soal-upaya-jamaah-haji-iran-kacaukan-haji
Koran “Al-Fath” (1927) terkait informasi palsu dari media Iran tentang ibadah haji

Pada 1989, Iran dan beberapa jamaah Kuwait dalam kelompok “Hizbullah dari Hijaz”, juga terlibat upaya penggunaan gas untuk meracuni ribuan jamaah haji di Al-Ma’aisim Tunnel di Makkah. Ini dilakukan melalui koordinasi dengan pihak berwenang Iran. Setelah itu, Iran diboikot dari musim haji 1990-1998. (EZ/salam-online)

Sumber: Arab News

Baca Juga