Kembali Menangi Pemilu, Erdogan Dapat Ucapan Selamat dari Pemimpin Dunia

Hasil tidak resmi menunjukkan Presiden Turki memenangkan pemilihan kembali, begitu pula partai aliansi berkuasa yang dipimpinya, juga memenangkan mayoritas di parlemen. (Foto: Anadolu Agency)

ISTANBUL (SALAM-ONLINE): Saat suara masih terus dihitung dalam pemilihan presiden dan parlemen Turki yang digelar pada Ahad (24/6/2018), para pemimpin dunia sudah mengucapkan selamat kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan atas keberhasilannya kembali dalam pemilu yang dipercepat untuk 5 tahun ke depan tersebut.

Ucapan selamat pertama seperti dilansir kantor berita Anadolu Agency, Ahad (24/6) datang dari negara Uni Eropa yakni Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban. Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev juga mengucapkan selamat kepada pemimpin Turki itu atas kemenangannya dalam pemilihan presiden dan parlemen.

Melalui sambungan telepon, Aliyev mengatakan Turki telah tumbuh di bawah kepemimpinan Erdogan. Dia mengatakan bahwa ekonomi Turki telah mencetak kesuksesan besar dan Ankara telah mengokohkan posisinya secara internasional.

Atas pernyataan tersebut, Erdogan berterima kasih kepada Aliyev. Selama percakapan, kedua pemimpin itu juga menyatakan keyakinan mereka terhadap kemajuan hubungan antara Turki dan Azerbaijan di semua bidang.

Dalam percakapan itu Aliyev juga mengundang Erdogan untuk melakukan kunjungan resmi ke negaranya dan Erdogan menerimanya.

Menurut sumber kepresidenan sebagaimana dilansir Anadolu Agency, Ahad (24/6), Perdana Menteri Albania Edi Rama juga memberi selamat kepada Presiden Erdogan melalui sambungan telepon.

Dalam sebuah percakapan telepon, Presiden Palestina Mahmoud Abbas juga mengucapkan selamat kepada Erdogan atas “keberhasilan proses demokrasi Turki serta kemenangannya dalam pemilihan presiden dan parlemen Turki,” kata kantor berita resmi Palestina, WAFA.

“Saya berharap Turki lebih sukses, maju dan stabil,” kata Abbas.

Erdogan, menurut kantor berita itu itu menekankan “dukungan berkelanjutan” Turki terhadap rakyat Palestina serta “tujuan dan hak mereka untuk kebebasan dan stabilitas”.

Menurut Presiden Tripartit Bosnia, pemimpin Bosnia Bakir Izetbegovic menelepon Erdogan untuk memberi ucapan selamat atas keberhasilannya dalam pemilihan umum Turki.

Dengan sekitar 90 persen suara dihitung, Erdogan dan partainya saat ini memimpin dalam pemilihan presiden dan parlemen Turki.

Pesan-pesan internasional lainnya datang dari ucapan selamat Menteri Luar Negeri Yunani Nikolaos Kotzias, Presiden Sudan Omar al-Bashir, Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev dan Presiden Macedonia Gjorge Ivanov.

Presiden Kosovo Hashim Thaci juga mengucapkan selamat kepada Erdogan melalui akun Twitter-nya, “Menantikan kerja sama kami yang baik, berlanjut, antara Kosovo dan Turki. Dua negara adalah sekutu strategis di semua bidang.”

Jalan menuju kemajuan dan kemakmuran

Menteri Luar Negeri Guinea di Afrika Barat, Mamadi Toure, juga mengucapkan selamat kepada koleganyanya dari Turki, Mevlut Cavusoglu, atas kemenangan Partai Keadilan dan Pembangunan yang memerintah.

Sementara Presiden Serbia Aleksandar Vucic berharap Erdogan sukses dalam menjalankan tugasnya.

“Serbia sangat mementingkan persahabatan sejati dengan Turki dan berkomitmen untuk mengembangkan hubungan yang baik dan solid. Kami akan terus menjadi mitra terpercaya bagi Turki dan kepemimpinannya, yang siap melindungi dan mempertahankan nilai dan prinsip di masa yang lebih menantang,” harap Vucic dalam pernyataan tertulisnya.

Baca Juga

“Anda telah membuat kemenangan baru di jalan menuju kemajuan dan kemakmuran Turki dan bangsa Turki yang hebat. Saya yakin tekad Anda akan tetap menjadi merek dagang kepemimpinan Anda dalam menghadapi tantangan di masa depan,” kata Vucic dalam percakapan telepon dengan Erdogan, menurut pernyataan itu.

Presiden Pakistan Mamnoon Hussain “memberikan perhatian sepenuh hati kepada Presiden Erdogan atas kemenangannya dalam pemilihan umum Turki untuk 2018-2023”.

Hussain menggarisbawahi bahwa jumlah pemilih yang besar dan berlangsung damainya pemilihan parlemen dan presiden adalah kesaksian kekuatan dan semangat nilai-nilai dan institusi demokratis Turki.

Hussain menyatakan harapannya, Turki akan melanjutkan jalannya kemajuan dan kemakmuran di bawah kepemimpinan Erdogan. Hubungan bilateral bersejarah dan tak tertandingi antara Pakistan dengan Turki akan terus tumbuh.

Presiden Belarus Alexander Lukashenko juga memberi selamat kepada Erdogan atas kemenangannya kembali dalam pilpres dan pileg. Lukashenko mengatakan, Turki akan melanjutkan gerakan progresifnya di sepanjang jalan kemajuan dan kemakmuran.

“Saya yakin bahwa kerja sama bilateral strategis, yang berkembang secara dinamis, memiliki potensi besar, dan dengan upaya bersama kita akan dapat mencapai ketinggian baru dalam bidang politik, perdagangan, ekonomi dan bidang interaksi lainnya,” kata Lukashenko.

Selamat dari Timur Tengah

Dalam percakapan telepon dengan Emir Qatar Syaikh Tamim bin Hamad al-Thani, Erdogan juga mendapatkan ucapan selamat atas keberhasilannya dalam pemilihan presiden dan parlemen, demikian menurut sumber-sumber Turki.

Begitu pula Emir Kuwait Syaikh Sabah al-Ahmad al-Jaber al-Sabah juga mengirim kabel ucapan selamat terhadap Erdogan dan partainya atas keberhasilan memenangkan pemilihan presiden dan parlemen Turki.

Pesan ucapan selamat juga datang dari Menteri Luar Negeri Yunani Nikolaos Kotzias, Presiden Sudan Omar al-Bashir, Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev. Tak mau kalah, Presiden Pakistan Mamnoon Hussain juga turut memberikan perhatiannya dengan sepenuh hati terhadap Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Hussain menggarisbawahi bahwa perubahan besar dan berjalan damainya pemilihan parlemen dan pilpres di Turki adalah saksi kekuatan dan semangat nilai-nilai dan institusi demokratis Turki.  Hussain menyatakan harapannya, Turki kelak dapat melanjutkan jalan kemajuan dan kemakmuran di bawah kepemimpinan Erdogan. Dia juga menyatakan harapannya hubungan bilateral bersejarah dan tak tertandingi antara Pakistan dan Turki akan terus tumbuh.

Tak ketinggalan Presiden Somalia Mohamed Abdullahi Farmajo juga mengucapkan selamat kepada Erdogan dalam sebuah pernyataan di Twitter.

“Selamat kepada Presiden @RT_Erdogan atas pemilihan presidennya yang sukses. Pemerintah dan rakyat Somalia memberi selamat kepada rakyat Turki mengenai pemilihan presiden dan parlemen bersejarah mereka. Turki adalah mitra penting Somalia,” tulisnya.

“Ucapan selamat yang tulus kepada Presiden Erdogan, Partai AK dan rakyat Turki atas kemenangan mereka dalam pemilihan presiden dan parlemen,” demikian tweet pemimpin senior gerakan Hamas, Ezzat al-Rishq.

Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa juga memberi selamat kepada Erdogan atas keberhasilan dalam pemilu di Turki itu. Ia menggarisbawahi hubungan yang mengakar kuat antara Turki dan Bahrain, demikian menurut Kantor Berita Bahrain. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga
awefawef86956