Anies Berdayakan UKM Produksi 20 Juta Masker Gratis untuk Warga Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies R Baswedan saat meninjau pembuatan masker untuk warga Jakarta. (Foto: FB)

SALAM-ONLINE: Sebanyak 20 juta masker kain diproduksi dan dibagikan untuk seluruh penduduk Jakarta. Tiap orang berhak mendapatkan 2 masker. Diberikan secara gratis.

“Ini bagian dari ikhtiar Pemprov DKI Jakarta untuk melindungi warga sekaligus menggerakkan roda perekonomian di kampung-kampung,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies R Baswedan, dalam akun Facebooknya yang dilansir, Jumat (1/5/20).

Anies mengatakan, penduduk Jakarta yang masih berkegiatan di luar rumah wajib menggunakan masker sebagai ikhtiar untuk menahan potensi penularan dari hulunya yaitu hidung dan mulut.

Salah seorang warga Jakarta yang menerima masker gratis. (Foto: FB)

“Perumda Pasar Jaya kemarin telah membagikan 1,5 juta masker kain untuk warga Jakarta, sebagian dari masker ini termasuk dalam paket bansos yang dibagikan sejak awal April,” ujarnya.

Baca Juga

Masker kain ini dibuat oleh 1.526 industri kecil menengah (IKM) dan usaha kecil menengah (UKM) binaan yang bergerak di komoditi fesyen di lima wilayah kota administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

“Penjahit di begitu banyak tempat bisa hidup dari membuat masker ini. Semuanya memakai bahan yang sesuai standar dan lapisan yang cukup sehingga insyaaAllah aman digunakan untuk pencegahan penularan COVID-19,” terang Anies.

Industri Kecil Menengah & Usaha Kecil Menengah (UKM) yang diberdayakan Pemrov DKI Jakarta untuk memproduksi 20 juta masker kain yang dibagikan secara gratis untuk seluruh warga Jakarta. (Foto: FB)

Menurut Anies, hingga akhir Mei produksi 20 juta masker kain ini akan tuntas. Sebanyak 20 juta masker kain ini akan dibagikan setiap pekan kepada seluruh warga di Jakarta. Pembagiannya melalui Kelurahan, kemudian ke RW/RT, lalu ke setiap Kepala Keluarga yang ada di Jakarta.

“Mari bersama-sama mencegah penularan Covid-19 dengan cara menggunakan masker kain,” ajak Anies Baswedan. (mus)

Baca Juga