Gandeng Taklim Jurnalistik, Aman Palestin Ajak Donasi Pembangunan Masjid di Gaza

Penampakan Desain Masjid Istiqlal di Gaza, Palestina, Sumbangan Rakyat Indonesia. (Foto: IG Ridwan Kamil)

SALAM-ONLINE.COM: Yayasan Aman Palestin Indonesia Cabang Yogyakarta-Jawa Tengah sukses menggelar Seminar Online Nasional dengan menghadirkan pemateri Rizki Lesus, salah seorang penulis ‘Mengetuk Pintu Langit: Catatan Reportase Aksi Bela Islam’ yang diterbitkan oleh Jurnalis Islam Bersatu (JITU).

Seminar yang bertajuk ‘Mengenal Dunia Kepenulisan & Jurnalisme Dasar’ itu diikuti puluhan peserta dari berbagai Indonesia, berlatar belakang mahasiswa, pekerja, guru dan umum.

Kegiatan yang berlangsung melalui WhatsApp Group pada Sabtu (5/9/20) lalu itu terlaksana atas kerja sama antara Komunitas Taklim Jurnalistik Indonesia dengan Tim Bloger Dapur Pena. Dalam acara ini, panitia mengajak peserta berdonasi untuk membantu pembangunan Masjid Indonesia  di Gaza, Palestina. Masjid yang dirancang oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu diberi nama Masjid Istiqlal.

Sementara Rizki Lesus yang menjadi pemateri tunggal dalam seminar online ini menyampaikan ihwal membaca, menulis, pena, berpikir, adalah istilah yang sering didengar dalam al-Qur’an. Bahkan perintah pertama adalah membaca.

“Karena membaca dan menulis merupakan dorongan al-Qur’an, tak heran perihal tersebut menjadi budaya dalam keseharian para pendahulu kita, para ulama, ilmuan, tokoh besar sepanjang zaman,” tegas Ketua JITU cabang Bandung itu.

“Membaca dan menulis juga mendorong para pendiri bangsa ini berjuang dan menjadi wasilah bagi kita sekarang bisa menikmati nikmat kemerdekaan,” terangnya.

Baca Juga

Dalam kesempatan ini Rinto Dodi Krismanto selaku Kepala Cabang Aman Palestin D.I. Yogyakarta & Jawa Tengah mengungkapkan, Aman Palestin merupakan yayasan kemanusiaan yang fokus membantu saudara-saudara yang sedang berjuang untuk membebaskan Palestina dan mempertahankan Masjid suci ke-3, Al-Aqsha, dari zionis.

“Kemudian secara umum membantu saudara umat Islam di bumi Syam, tempat para Nabi dan ulama besar lahir, di mana saat ini sedang terjadi bencana di sana,” papar Dodi.

Founder Komunitas Taklim Jurnalistik, Mas Andre Hariyanto, menambahkan, kerja sama ini semata-mata untuk membantu saudara yang ada di Palestina. Terutama Yayasan Aman Palestin Indonesia yang memiliki program pembangunan Masjid pertama Indonesia di Gaza, Palestina.

“Maasyaa Allah, ini luar biasa, maka Taklim Jurnalistik sinergi dengan Aman Palestin untuk program donasi ke Gaza,” terang Mas Andre.

Donasi dari peserta seminar online nasional Jurnalistik bersama Rizki Lesus ini disalurkan melalui Yayasan Aman Palestin Indonesia. (Ar)

Baca Juga