Jelang Kunjungan Delegasi Asing, India Tahan Aktivis HAM Kashmir

SALAM-ONLINE.COM: Seorang aktivis dan pembela hak asasi manusia (HAM) Kashmir pada Selasa (16/2/2021) mengatakan polisi India menahannya untuk menjauhkannya dari delegasi asing yang akan mengunjungi wilayah yang disengketakan itu.

Ketua Forum Internasional untuk Keadilan dan Hak Asasi Manusia Jammu dan Kashmir, Ahasan Untoo, mengungkapkan penahanannya itu kepada Kantor Berita Anadolu dari dalam penjara. Dia ditahan di Srinagar pada Senin (15/2) malam.

“Saya telah diberitahu bahwa pihak berwenang khawatir saya akan menggelar protes selama kunjungan delegasi asing,” kata Untoo.

Sebelumnya, ketika India membatalkan otonomi politik Jammu dan Kashmir, Pada 5 Agustus 2019 sampai Agustus 2020 lalu Untoo ditahan di bawah undang-undang penahanan preventif. Dia telah mengadakan sejumlah protes damai terhadap dugaan pelanggaran HAM.

Organisasinya juga membantu para keluarga yang melaporkan pasukan India melakukan pelanggaran HAM.

Baca Juga

“Apakah saya tidak berhak, bukan sebagai aktivis, tapi sebagai orang tua, untuk bertemu dengan delegasi (asing) ini dan menceritakan kesedihan saya? Jika kami bahkan tidak bisa mengekspresikan diri di hadapan delegasi asing, kunjungan dan demokrasi macam apa ini?”

Delegasi 20 anggota akan mengunjungi Kashmir yang dikelola India pada 17-18 Februari 2021. Ini adalah kunjungan keempat utusan asing yang diselenggarakan oleh India sejak kawasan itu dilucuti dari status khususnya.

Beberapa kelompok Kashmir telah berperang melawan penguasa India untuk kemerdekaan atau penyatuan dengan negara tetangga, Pakistan. Ribuan orang telah terbunuh dan disiksa di wilayah tersebut sejak 1989, demikian menurut beberapa kelompok HAM. (mus)

Baca Juga
awefawef102812