Tak Hanya Pendidikan, Anak-anak Palestina Juga Berhak atas Perlindungan HAM

SALAM-ONLINE.COM: Koordinator Kemanusiaan dan Kependudukan PBB di wilayah Palestina yang diduduki, Lynn Hastings, mengatakan bahwa anak-anak Palestina berhak untuk hidup dalam keamanan dan keselamatan, tidak hanya untuk mendapatkan pendidikan.

“Anak-anak tidak hanya memiliki hak atas pendidikan, tetapi juga diberikan perlindungan khusus di bawah hak asasi manusia (HAM) internasional, mengingat kerentanan khusus atas mereka,” kata Hastings, Senin (16/8/2021), dikutip dari Kantor Berita Anadolu.

Menurut PBB, 79 anak Palestina telah meninggal dan 1.269 lainnya terluka sejak awal 2021.

“Enam puluh tujuh anak meninggal di Jalur Gaza selama eskalasi (perang) baru-baru ini dan satu lagi pada Juni lalu akibat sisa-sisa Bahan Peledak Perang dari Zionis penjajah,” ungkap Hastings seraya menambahkan bahwa 11 anak Palestina lainnya dibunuh oleh pasukan penjajah di Tepi Barat, termasuk Yerusalem Timur.

Baca Juga

Hastings menyatakan Zionis bertanggung jawab untuk melindungi anak-anak dan guru dari pelecehan dan kekerasan yang dilakukan pemukim (Yahudi) dalam perjalanan mereka ke dan dari sekolah.

Pada Ahad (15/8/21), Otoritas Palestina mengumumkan dimulainya tahun akademik di tengah protokol kesehatan lantaran Virus Corona yang masih mewabah. (mus)

Baca Juga
awefawef104054