Palestina Kecam Penghapusan Kelompok Yahudi Radikal oleh AS dari Daftar Hitam Teror

SALAM-ONLINE.COM: Palestina mengecam keputusan AS menghapus kelompok Yahudi radikal “Kach” dari daftar organisasi teror.

Departemen Luar Negeri AS menghapus lima kelompok ekstremis dari daftar organisasi teroris asing, termasuk gerakan Kach, pada Jumat (20/5/2022).

Dalam sebuah pernyataan, Otoritas Palestina (PA) yang berbasis di Ramallah menyebut keputusan AS itu sebagai “hadiah untuk operasi organisasi teroris ini”.

“Tindakan pemerintah AS bertentangan dengan kata-katanya dan tidak sesuai dengan komitmennya terhadap perdamaian dan stabilitas,” kata pernyataan yang dilansir Anadolu News Agency.

PA kemudian meminta pemerintah AS untuk membalikkan langkah tersebut dan mengambil “keputusan bersejarah untuk menghapus PLO (Organisasi Pembebasan Palestina) dari daftar organisasi teroris.”

Baca Juga

Kelompok Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, mengatakan kelompok Kach bertanggung jawab atas puluhan serangan teroris terhadap warga Palestina.

“Keputusan AS mencerminkan kebijakan standar ganda dan ketidakmampuan AS untuk menjadi mediator yang adil dalam konflik Palestina-zionis,” kata pemimpin Hamas Basem Naim.

Gerakan Kach diklasifikasikan sebagai kelompok teroris oleh Uni Eropa (UE) dan zionis sendiri, di mana pendirinya Meir Kahane dilarang berpartisipasi dalam pemilihan pada tahun 1988. (mus)

Baca Juga