Hari Ini Turki Gelar Pilpres Putaran Kedua

SALAM-ONLINE.COM: Hari ini, Ahad (28/5/2023) Türki menggelar pemilihan presiden (Pilpres) putaran kedua. Pilpres putaran kedua ini untuk memilih presiden setelah tidak ada kandidat yang dapat mencapai ambang batas 50% pada putaran pertama yang diadakan pada 14 Mei lalu.

Pemungutan suara akan dimulai pada pukul 8 pagi waktu setempat (pukul 12.00 WIB)) dan berakhir pada pukul 5 sore waktu setempat (pukul 21.00 WIB).

Lebih dari 60 juta orang terdaftar untuk memilih, termasuk 4,9 juta pemilih pemula.

Sebanyak 191.885 kotak suara telah disiapkan untuk pemilih di Tanah Air.

Menurut Dewan Pemilihan Tertinggi Türki, lebih dari 1,89 juta orang—1.895.430—telah memberikan suara mereka di luar negeri dan gerbang bea cukai Türki pada pukul 10 pagi waktu setempat pada Kamis (25/5) lalu.

Pemungutan suara pada misi diplomatik berakhir pada Rabu, sementara pemungutan suara akan dilanjutkan di gerbang pabean hingga pukul 17.00. waktu setempat pada hari Ahad.

Dalam pemilihan 14 Mei lalu, total 1.839.470 warga Turki di luar negeri pergi ke tempat pemungutan suara untuk memilih dalam pemilihan presiden dan parlemen.

Mereka yang tidak dapat memberikan suara dalam waktu yang ditentukan di negara tempat tinggal mereka akan dapat memberikan suara di gerbang pabean hingga pukul 17:00, hari Ahad.

Baca Juga

Presiden Recep Tayyip Erdogan pada Sabtu (27/5) meminta warga Turki agar menuju tempat pemungutan suara untuk memilih.

“Besok (Ahad, 28 Mei), mari kita pergi ke tempat pemungutan suara bersama untuk Kemenangan Besar Türki. Mari kita refleksikan keinginan yang diwujudkan di Parlemen pada 14 Mei ke Kepresidenan dengan lebih kuat kali ini,” kata Erdogan di akun Twitternya.

“Mari kita mulai Abad Türki dengan suara kita,” tambahnya.

Jutaan pemilih pergi ke tempat pemungutan suara pada 14 Mei untuk memilih presiden negara itu dan anggota parlemen dengan 600 kursi.

Aliansi Rakyat yang dipimpin Erdogan memenangkan mayoritas di parlemen, sementara pemilihan presiden melaju ke putaran kedua karena tidak ada kandidat yang memperoleh mayoritas sederhana, atau lebih dari 50% suara. Erdogan memimpin perolehan suara sebanyak 49,52%.

Erdogan akan menghadapi Kemal Kilicdaroglu, pemimpin oposisi utama Partai Rakyat Republik (CHP) dan kandidat bersama untuk oposisi enam partai Aliansi Bangsa, dalam pemungutan suara putaran kedua. (S)

Anadolu Agency

Baca Juga