Serangan Rezim Asad dan Rusia Kian Gencar, Ribuan Warga Suriah di Jabal Turkman Mengungsi ke Turki

Suriah-pengungsi suriah di Hatay, Turki-jpeg.image
Pengungsi Suriah dari Turkman di Provinsi Hatay, Turki

HATAY (SALAM-ONLINE): Sekitar 1.700 warga Suriah di Jabal Turkman, kawasan pegunungan di pinggiran provinsi Lattakia, mengungsi ke Turki selatan selama tiga hari terakhir, setelah semakin gencarnya gempuran rezim Asad yang didukung oleh serangan udara Rusia, kantor berita Anadolu, Ahad (22/11), melaporkan.

Gubernur provinsi Hatay, Turki, Ercan Topaca mengatakan 28 warga sipil yang mengungsi dari wilayah perbatasan Bayir Bucak, mengalami luka, dan salah seorang di antaranya meninggal.

Dia mengatakan di hadapan wartawan, hingga 30.000 penduduk daerah pegunungan Suriah itu berpotensi terpaksa meninggalkan rumah mereka, mengingat serangan-serangan terhadap pasukan oposisi di Jabal Turkman dan pedesaan di kawasan Lattakia.

Sementara itu, hampir 5.500 warga Suriah tiba di kamp pengungsi Yamadi, otoritas Turki mengatakan kepada kantor berita Anadolu. Dilaporkan pula, 40.000 warga Turkman sedang menuju perbatasan Suriah-Turki.

Saat ini ada sekitar 14.000 warga Suriah yang tinggal di Yamadi, dekat dengan Yayladagi, Hatay—sebuah provinsi di Turki yang berbatasan langsung dengan Suriah.

Baca Juga

Sementara para pengungsi Turkman di kamp Arfali, saat ini telah mendapatkan bantuan, termasuk tenda, selimut, tempat tidur, pakaian anak-anak, makanan dan medis.

Turkman adalah kelompok etnis Turki yang sebagian besar berdiam di Suriah dan Irak.

Perang Suriah yang saat ini memasuki tahun kelima, telah menewaskan lebih dari 400.000 orang, menurut data PBB terbaru. (mus)

Sumber: Anadolu

Baca Juga