Serang Kapal Medis Emirat, Pemberontak Syiah Houthi Jadi Ancaman Pengiriman Bantuan Kemanusiaan

yaman-kapal-bantuan-emirat-untuk-yamanSALAM-ONLINE: Koalisi negara teluk yang dipimpin Saudi Arabia mengatakan bahwa milisi pemberontak Syiah Houthi di Yaman menjadi ancaman terbesar bagi pengiriman bantuan medis dan kemanusiaan kapal Emirat melalui Selat al-Mandab pada Ahad (2/10) kemarin.

Pasukan koalisi mengatakan kelompok pemberontak beraliran Syiah ini telah menyerang kapal bantuan medis Emirat pada rute yang biasa dilalui dari dan ke pelabuhan selatan Aden.

“Angkatan laut pasukan koalisi telah menjadi target serangan kapal milisi Syiah Houthi di dekat Selat al-Mandab, Jum’at (30/9),” kata pihak koalisi seperti dilansir Al Arabiya, Ahad (2/10).

Selat al-Mandab adalah jalur pelayaran utama antara Laut Merah dan Teluk Aden yang mengarah ke Samudera Hindia.

Baca Juga

Para pemberontak Syiah Houthi dalam pernyataan yang dimuat di situs sabanews.net Sabtu (1/10), mengklaim telah melancarkan serangan dengan roket terhadap kapal yang membawa bantuan saat mendekati Mokha di pantai Laut Merah.

Sejak Maret 2015, pasukan koalisi telah menekan milisi Syiah Houthi untuk keluar dari Yaman selatan. Namun mereka masih mengontrol hampir semua wilayah Laut Merah serta sejumlah bagian wilayah sekitar ibu kota Sana’a. (EZ/salam-online)

Sumber: Al Arabiya

Baca Juga