Cegah Rohingya dari India Masuk Wilayahnya, Bangladesh Tingkatkan Keamanan di Perbatasan


DHAKA (SALAM-ONLINE): Bangladesh memperketat keamanan di sepanjang perbatasan barat dengan India di tengah kekhawatiran bahwa pengungsi Rohingya bisa didorong masuk ke wilayahnya, demikian dikatakan beberapa pejabat Bangladesh seperti dilansir Saudi Gazette, Ahad (15/10/2017).

Patroli telah ditingkatkan di sepanjang perbatasan dengan negara bagian Bengal Barat di India. Penjaga perbatasan mengatakan bahwa mereka telah diperintahkan dalam beberapa pekan terakhir untuk mengarahkan Rohingya ke Bangladesh.

Letnan Tariqul Hakim, seorang komandan daerah Penjaga Perbatasan Bangladesh, mengatakan bahwa Rohingya terlihat berkumpul di seberang pos perbatasan Putkhali. Hanya sebuah sungai sempit yang memisahkan kedua negara.

“Kami telah meningkatkan pengawasan dan patroli sehingga tidak ada Rohingya yang bisa masuk ke wilayah kami,” kata Letnan Kolonel Hakim.

Ada 40.000 orang Rohingya di India, namun pemerintah di negara itu menginginkan mereka dideportasi. Pemerintah India mengatakan kepada sebuah pengadilan tinggi bulan lalu bahwa mereka menimbulkan ancaman keamanan.

Hakim mengatakan bahwa komunitas Rohingya di India mencoba untuk menyatukan kembali keluarga mereka di tenggara Bangladesh, di mana lebih dari setengah juta pengungsi Rohingya telah melarikan diri dari Myanmar.

Diperkirakan 536 ribu pengungsi Rohingya sejak 25 Agustus lalu hingga saat ini telah berada di Bangladesh. Mereka melarikan diri dari aksi kekerasan di Myanmar barat yang digambarkan oleh PBB sebagai pembersihan etnis. (EZ/Salam-Online)

Sumber: Saudi Gazette