Komnas HAM dan Tim Ormas Islam Investigasi Dugaan Kekerasan di Poso

Poso-Komnas HAM & Tim Ormas Islam investigasi dugaan kekerasan di Poso-jpeg.imageJAKARTA (SALAM-ONLINE: Selain Komisi Nasional Hak Asasi Manusia yang menginvestigasi dugaan pelanggaran HAM berat oleh Detasemen Khusus 88 Antiteror, tim ormas Islam ikut mengusutnya.

Tim ormas Islam sedang berada di Poso, Sulawesi Tengah, untuk merekonstruksi dugaan kekerasan Densus 88 seperti terekam dalam video yang beredar di jejaring sosial YouTube.

Staf Khusus Forum Silaturrahim Ormas dan Lembaga Islam (SOLI), Mustofa Nahrawardaya, mengatakan tim tokoh dari ormas Islam yang menginvestigasi dugaan kekerasan di Poso adalah Zainuddin Ali dan A.Rofiqu, keduanya adalah anggota Majelis Ulama Indonesia.

“Tim kami sudah berada di Poso bergabung dengan Komnas HAM,” kata Mustofa, Sabtu  (9/3/2013).

Mustofa mengatakan video tersebut menjadi bukti kekerasan personel Densus 88 di lapangan. Bahkan insiden kekerasan Densus pada 2007 silam seperti tergambar di dalam video, pernah dilaporkan ke Komnas HAM saat itu.

Baca Juga

“Saat Kapolri menonton langsung, beliau mengakui itu ada, dan jajarannya mengiyakan itu kasus di Sulawesi,” ungkapnya.

Tokoh umat yang dipimpin Ketua Muhammadiyah Din Syamsuddin dan Ketua MUI Amidhan telah menyerahkan video itu ke Kapolri Jenderal Timur Pradopo pada 27 Februari 2013 lalu. Din menegaskan video itu menjadi bukti pelanggaran HAM berat Densus 88.

Sebelumnya, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar, mengatakan, tim Mabes Polri sedang menelusuri pelaku kekerasan di dalam video tersebut.

“Kami akan melakukan pendalaman lebih lanjut apa ada kaitan dengan kesalahan prosedur dalam penanganan kasus tersebut waktu itu,” kata Boy. (tempo), salam-online

Baca Juga