Sejumlah LSM Laporkan Komisioner Komnas HAM Maneger Nasution karena Dianggap Berpihak kepada Islam

Komisioner Komnas HAM Dr Maneger Nasution

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM) mengadukan Anggota Komisioner Komnas HAM Dr Maneger Nasution terkait kode etik. Ia dianggap terlalu berpihak kepada umat Islam dalam peristiwa Tolikara.

LSM yang melaporkan itu adalah Papualtukita, Abdurrahman Wahid Centre UI, Aliansi Nasional Bhineka Tunggal Ika, Jaringan Kerja Lembaga Pelayanan Kristen, Koalisi Masyarakat Sipil untuk Keadilan dan Perdamaian di Tanah Papua, Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta), Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam) dan Yayasan Satu Keadilan.

Ketua Komnas HAM Nur Kholis saat dikonfirmasi membenarkan adanya pengaduan sejumlah LSM tersebut ke Komnas HAM sekitar 10 hari yang lalu.

Namun, menurut Nur Kholis, pihaknya tidak serta merta mengambil keputusan terkait adanya laporan tersebut, karena Komnas HAM masih mendalami isinya.

“Terkait isinya sendiri saya masih dalami, karena terkait kode etik, itu bukan ranah pimpinan, perlu ada rapat (paripurna) terlebih dahulu,“ ujar Nur Kholis kepada salam-online di kantor Komnas HAM, Jakarta, Senin (19/10) siang.

Baca Juga

Nur Kholis mengatakan mengapresiasi kepada para anggotanya yang menjalankan tugasnya menangani kasus Tolikara hingga tuntas.

“Dalam menjalankan tugas itu kan pasti ada kekurangan, atas pengaduan itu prinsipnya kita akan mempelajari, yang terpenting bagaimana tindak lanjut persoalan Tolikara selesai,” tuturnya.

“Sementara saya akan pelajari dulu laporan itu, yang penting kasus Tolikara selesai,“ ucapnya berulang-ulang.

Dalam menyelesaikan persoalan Tolikara, Nur Kholis mengungkap, Komnas HAM akan menambah tim agar permasalahan dapat segera terungkap.

“Anggota tim juga diperluas dalam menyelesaikan masalah Tolikara. Persoalan Tolikara ini intinya bagaimana adanya pemulihan dan jaminan beribadah bagi semua pemeluk agama di sana,“ tegasnya. (EZ/salam-online)

Baca Juga