Komnas HAM: Dari Hasil Investigasi, Kriminalisasi terhadap Ulama Terkait dengan Ahok

Komnas HAM saat menerima Presidium Alumni Aksi 212 dan ratusan umat Islam di ruang pengaduan Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (19/5. (Foto: EZ)

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Dukungan kepada Komnas HAM untuk menginvestigasi kriminalisasi terhadap ulama dan tokoh nasional terus berdatangan.

Menurut Komisioner Komnas HAM, Siane Indriani, hal itu terkait dengan peristiwa penodaan agama yang dilakukan oleh Ahok.

“Dari hasil investigasi kami, kami menangkap bahwa ini berkaitan dengan peristiwa yang terjadi atas penodaan agama yang dilakukan oleh Ahok, jadi tidak bisa dilepaskan dari sebabnya, yaitu Ahok,” ungkap Siane di kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Jum’at (19/5).

Siane melihat, kriminalisasi yang terkait dengan Ahok ini, kuat dugaan bernuansa politik. “Saya melihat ini ada kaitan dengan Ahok, ini bernuansa politis. Jadi intinya bahwa memang ada indikasi kuat kriminalisasi terhadap ulama,” ungkap Siane.

Baca Juga

Pihaknya, kata Siane, sangat mengapresiasi langkah yang diambil oleh umat Islam yang sudah mempercayakan kepada Komnas HAM untuk memproses kasus hukum yang sedang terjadi saat ini.

“Jadi kalau orang bilang umat Islam anti NKRI, anti Pancasila, tapi percaya kepada Komnas HAM, itu justru kita perlu apresiasi,” jelas Siane.

Tuduhan makar yang diarahkan kepada umat Islam dan tokoh nasional itu, ujarnya, perlu dilakukan pengkajian terlebih dahulu.

“Tuduhan makar yang diarahkan kepada umat Islam itu jauh panggang dari api. Justru ini dikhawatirkan akan menurunkan marwah kepolisian. Kalau ini diteruskan, akan menyerap sebuah kemarahan luar biasa dari umat,” tegasnya. (EZ/Salam-Online)

Baca Juga