Petisi Alumni ITB Tolak Reklamasi Teluk Jakarta

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Ribuan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) menyatakan secara tegas penolakannya terhadap Reklamasi Teluk Jakarta. Alumni ITB juga menolak pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, yang seolah-olah Ikatan Alumni ITB (IA) mendukung pencabutan moratorium reklamasi tersebut.

Anggota IA-ITB, Ayub Laksono, mengatakan organisasinya tidak pernah melakukan kajian dan merekomendasikan pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta.

Ia menjelaskan, Saudara Ridwan Djamaluddin adalah bawahan langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Maka pendapat dan rekomendasi Saudara Ridwan perihal pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta adalah bagian pekerjaannya sebagai Deputi Menko bidang Kemaritiman.

“Tidak ada relevansinya dengan posisinya sebagai Ketua Umum Ikatan Alumni ITB, karena IA-ITB harus independen, tidak bisa diintervensi oleh siapapun,” ujar Ayub saat membacakan Petisi Alumni ITB ‘Menolak Reklamasi Teluk Jakarta’ di hadapan wartawan, di Sofyan Hotel Betawi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2017) sore.

Menurutnya, Alumni ITB selalu mengedepankan kepentingan rakyat, sehingga pernyataan yang mengesankan bahwa pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta berdasarkan hasil kajian Alumni ITB, itu tidak benar!

Baca Juga

“Alumni ITB mendesak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, untuk membatalkan pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta oleh Menko Bidang Kemaritiman. Alumni ITB juga minta pelaksanaan proyek reklamasi yang masih berlangsung agar segera dihentikan!” tegasnya.

Reklamasi Teluk Jakarta, kata Ayub, bukan lagi masalah DKI Jakarta semata, melainkan sudah menjadi isu nasional.

“Untuk itu Alumni ITB mengajak segenap mahasiswa dan alumni perguruan tinggi se-Indonesia serta elemen-elemen masyarakat lainnya, untuk bersama-sama menolak pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta dan mengawal proses dihentikannya proyek reklamasi tersebut untuk selamanya,” tandasnya.

Pembacaan Petisi Alumni ITB Tolak Reklamasi Teluk Jakarta ini dihadiri, antara lain Muslim Armas (1988), aktivis Sri Bintang Pamungkas (alumni ITB angkatan 1964) dan lainnya. (EZ/Salam-Online)

Baca Juga