Turki Akan Mengambil Tindakan Baru di Suriah ‘Ketika Saatnya Tiba’

Menhan Halusi Akar

Menteri Pertahanan Hulusi Akar mengatakan persiapan Turki untuk kemungkinan melancarkan operasi di timur Sungai Efrat, Suriah.ANKARA (SALAM-ONLINE): Turki akan mengambil tindakan baru terhadap teroris di perbatasan Suriah “ketika saatnya tiba”, kata Menteri Pertahanan Halusi Akar, Selasa (29/1/2019), lansir kantor berita Anadolu.

“Ketika saatnya tiba, tindakan yang diperlukan akan diambil, baik di Manbij maupun di timur Eufrat,” kata Hulusi Akar, merujuk pada operasi kontra-teroris yang telah lama dijanjikan oleh para pemimpin Turki.

Akar mengatakan kemungkinan melancarkan operasi, Turki sudah siap. “Satu-satunya target Angkatan Bersenjata Turki adalah teroris,” katanya.

Sejak 2016, operasi Euphrates Shield dan Olive Branch Turki di Suriah barat laut telah membebaskan wilayah tersebut, termasuk Al-Bab, Afrin dan Azaz, dari kelompok teror YPG/PKK dan Daesh (ISIS). Hal ini memungkinkan bagi warga Suriah yang melarikan diri dari kekerasan di wilayah-wilayah tersebut, akan dapat kembali lagi ke rumah mereka masing-masing.

Baca Juga

Dalam lebih dari 30 tahun kampanye terornya di Turki, PKK—yang diakui sebagai kelompok teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa—bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang, termasuk wanita dan anak-anak. YPG/PYD adalah cabang PKK di Suriah.

Akar juga mengatakan Turki menyambut reaksi dan tindakan “tepat waktu” Pemerintah Daerah Kurdi atas serangan terhadap pangkalan Turki di Irak.

Pada Sabtu (26/1) lalu, Kementerian Pertahanan Turki menyatakan pangkalan milik Angkatan Bersenjata Turki di Irak utara diserang karena provokasi oleh kelompok teror PKK. (mus)

Sumber: Anadolu

Baca Juga