Polisi Tangkap Bule yang Ludahi Imam Masjid di Bandung Saat Mau Pulang ke Negaranya

Nampak bule Australia berinisial MB (48) di Satreskrim Polrestabes Bandung, Sabtu (29/4/2023) untuk menjalani pemeriksaan terkait aksinya meludahi Imam Masjid Al Muhajir, Bandung.

SALAM-ONLINE.COM: Bule berinisial MB (48 tahun) yang diduga meludahi Imam Masjid Muhammad Basri Anwar di Masjid Jami Al Muhajir, Jalan Jupiter Raya, Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung, ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Sabtu (29/4/2023) dini hari. Ia diamankan saat hendak kembali ke negaranya, Australia.

“Alhamdulillah kita dapat bantuan kepala imigrasi khusus Soekarno Hatta ternyata sudah mau berangkat ke negaranya sehingga kami berkoordinasi untuk melakukan penundaan sementara yang bersangkutan agar bisa diamankan terlebih dahulu untuk dimintai keterangan di polrestabes,” kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono di Mapolrestabes Bandung, Sabtu (29/4), dikutip dari Republika.co.id

Ia mengatakan sekitar pukul 01.00 WIB tim menjemput MB di Bandara Soekarno Hatta dan saat ini sudah berada di Polresta Bandung untuk dimintai keterangan. Hasilnya masih menunggu pemeriksaan tim penyidik. “Hasilnya lihat dulu seperti apa dari pemeriksaan,” ujarnya.

Budi melanjutkan penyelidikan dilakukan berdasarkan pemeriksaan terhadap korban Imam Masjid Al Muhajir yang merasa diperlakukan tidak menyenangkan.

“Tenyata benar ada pelapor atau korban yang merasa dilakukan perbuatan tidak menyenangkan oleh warga negara asing,” katanya.

Baca Juga

Ia mengatakan petugas melakukan penelusuran dengan data dokumen passport bule tersebut. Penelusuran bekerja sama dengan imigrasi Bandara Soekarno Hatta.

Rekaman aksi seorang bule asal Australia berinisial MB membentak-bentak hingga meludahi Imam Masjid Jami Al Muhajir, Kota Bandung, Jumat (28/4) pagi, viral di media sosial. Diketahui bule tersebut merasa terganggu dengan suara murottal Al-Qur’an.

Dalam video yang viral tersebut, terlihat bule itu menggunakan topi dan memakai baju hitam dan celana panjang berwarna hijau. Ia mendatangi mimbar Masjid dan langsung membentak Muhammad Basri yang tengah menyetel murottal Al-Qur’an serta membanting Hp dan mematikan suara murottal Al-Qur’an tersebut.

Bule itu pun berkata-kata kasar kepada Basri hingga meludahi korban. Bahkan pelaku sempat mau memukul korban. Namun, Basri segera berlari ke ruang DKM menyelamatkan diri. []

Baca Juga