Fahmi Salim: “Kemenangan AKP di Turki Membangkitkan Optimisme di Dunia Islam”

Ustadz Fahmi Salim, MA-6-jpeg.image
Ustadz Fahmi Salim, MA

JAKARTA (SALAM-ONLINE): Mengembangkan dakwah Islam seperti layaknya Muslim yang mayoritas di Indonesia, bagi negara pengusung sekulerisme seperti Turki tentu tidak mudah.

“Namun kemenangan partainya Erdogan kemarin, adalah kemenangan umat Islam di Turki dan seluruh dunia, dan itu bisa diikuti oleh banyak negara, meski perlu dicermati situasinya tidaklah mudah,” kata Sekretaris Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Ustadz Fahmi Salim, MA kepada redaksi, Rabu (4/11).

Pasalnya, kekuatan global saat ini masih memasang boneka yang bisa disetir di setiap negara Muslim. Namun, menurut Fahmi Salim, berbeda dengan negara-negara Arab, Turki yang merupakan negara kuat pengusung sekulerisme kini berubah menjadi negara Islam yang besar.

“Di tengah situasi berat yang dialami Turki dan juga kondisi umat Islam yang secara ideologis dibombardir dengan stigma ‘teroris’ dan radikal, penebar kebencian, dan diposisikan sebagai musuh peradaban barat, justru Turki bangkit sebagai poros Islam pemimpin dunia yang lahir dari sosok Erdogan,” ujar Wakil Sekjen Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) ini.

Baca Juga

Kemenangan Erdogan dengan Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP)nya dinilai Fahmi Salim sebagai harapan besar kaum Muslimin untuk bisa melepas stigma negatif yang ditunjukkan Barat kepada umat Islam. Ia menyatakan rasa gembira dan apresiasiasinya yang tinggi kepada masyarakat Turki dan AKP.

“Ini merupakan bukti bahwa masih ada harapan yang besar bagi kaum Muslimin, bahwa partai Islam masih bisa berbuat untuk mengembalikan tudingan-tudingan negatif terhadap gerakan Islam kontemporer di dunia ini, terutama setelah kudeta di Mesir,” ungkap alumnus Universitas Al Azhar Mesir ini.

Di tengah kemajuan umat Islam di Turki, Fahmi mengimbau negara-negara Islam di dunia agar dapat mencontoh gerakan Islam yang ada di Turki.

“Perubahan besar yang dialami Turki mudah-mudahan dapat membangkitkan negara-negara Islam yang dijajah oleh Barat. Dengan kemenangan partai Islam (AKP) di Turki, dapat membangkitkan optimisme di dunia Arab dan dunia Islam,”pungkasnya. (EZ/salam-online)

Baca Juga