Dampak Kurang Tidur bagi Kesehatan

Catatan Dr. Amrizal Zuhdy*

SALAM-ONLINE: Dampak kurang tidur bagi kesehatan akan Anda rasakan jika Anda mengalami kondisi ini dalam jangka waktu lama. Tidur memang memiliki peranan sangat penting. Selain memberikan waktu agar tubuh beristirahat, tidur juga menjadi waktu yang pas untuk memperbaiki kondisi fisik serta mental seseorang. Jika tidur Anda berkualitas maka saat bangun tubuh akan terasa ringan dan bugar.

Untuk mempersiapkan fisik serta mental yang kuat guna beraktivitas, setidaknya Anda dianjurkan supaya tidur selama kurang lebih 7 hingga 9 jam setiap harinya. Sementara untuk anak-anak waktu tidur yang dibutuhkan adalah sekitar 8 hingga 10 jam. Tidur akan membantu tubuh mengembalikan energi Anda. Sementara bagi anak-anak tidur bisa membantu proses pertumbuhan.

Kurang tidur akan menyebabkan Anda merasa lelah. Aktivitas yang Anda lakukan pada pagi hingga sore hari juga akan terganggu, mengingat tubuh berada dalam kondisi tidak fit. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus maka bisa menyebabkan berbagai gangguan. Berikut beberapa dampak yang akan terjadi pada tubuh jika mengalami kekurangan tidur secara terus-menerus.

Dampak Kurang Tidur yang Perlu Diwaspadai

Begadang atau melakukan kegiatan lainnya pada waktu malam hari akan membuat seseorang kurang tidur. Berikut ini dampak kekurangan tidur untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

  1. Terserang Penyakit Serius

Orang yang kurang tidur berpotensi menderita penyakit serius jika dibanding dengan orang dengan waktu tidur cukup. Jika Anda terlalu sering begadang dan tidur hanya dalam waktu singkat setiap hari, itu bisa memicu kerusakan pembuluh darah serta jantung. Jika itu terjadi, bisa menimbulkan penyakit seperti gangguan irama jantung, serangan jantung mendadak, bahkan gagal jantung.

  1. Mudah Sakit dan Sulit Sembuh

Pada saat tidur maka tubuh akan memproduksi protein yang disebut dengan sitokin yang memiliki kemampuan untuk melawan infeksi, stres serta peradangan pada tubuh. Ketika Anda kurang tidur, maka pelepasan sitokin akan berkurang sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya Anda mudah sakit dan proses penyembuhannya sangat lama.

  1. Menurunkan Daya Ingat

Tidur memiliki kaitan erat dengan kesehatan otak, terutama daya ingat. Setiap harinya otak akan menyimpan seluruh kegiatan yang dilakukan dalam memori jangka pendek. Kemudian pada saat tidur seseorang akan mengalami penguatan pada dari koneksi saraf, sehingga pada saat tidur otak akan mengolah serta menyimpan ingatan. Oleh sebab itu, seseorang yang kurang tidur akan mengalami penurunan daya ingat.

  1. Mempercepat Penuaan Dini
Baca Juga

Salah satu dampak kurang tidur bagi kesehatan ialah mempercepat penuaan dini. Bisa dilihat wajah orang-orang yang sering begadang dan tidak cukup tidur maka nampak lebih tua dari usianya. Kurang tidur akan membuat jaringan kulit menjadi kendur sehingga muncul kerutan bahkan lingkaran hitam di sekitar mata.

  1. Susah Berkonsentrasi

Kurang tidur juga menurunkan kemampuan konsentrasi. Anda akan sering merasa sulit untuk fokus. Bahkan saat melakukan aktivitas ataupun pekerjaan, maka Anda harus mengulangi hingga beberapa kali akibat kurangnya konsentrasi. Selain itu biasanya kondisi ini juga disertai dengan keluhan pusing yang menyerang tiba-tiba.

Penyebab Gangguan Tidur dan Pengobatannya

Tidak jarang seseorang mengalami gangguan tidur atau insomnia. Setiap malam tidak bisa memejamkan mata. Jika tidak diatasi dengan serius kondisi ini tentu sangat berbahaya. Penyebab dari insomnia sendiri beragam, karena satu orang dengan lainnya bisa berbeda. Namun secara umum, insomnia diakibatkan oleh kecemasan, stres, depresi, pengaruh obat atau gaya hidup tidak sehat.

Baca juga: Asam Lambung dan Kecemasan

Penderita insomnia perlu berkonsultasi dengan dokter jika sudah berlangsung dalam jangka waktu lama. Tim medis akan memberikan pengobatan paling tepat kepada pasien dengan mengetahui kondisi yang dialaminya. Biasanya tim medis akan memberikan pengobatan dengan mengombinasikan antara pemberian obat dan juga terapi perilaku.

Selain itu Anda juga perlu melakukan tindakan lain yang bisa mencegah ataupun mengobati insomnia secara alami seperti menghindari makan atau minum menjelang waktu tidur di malam hari. Selain itu Anda juga perlu membatasi konsumsi minuman beralkohol ataupun kafein. Bergerak aktif pada waktu siang hari juga menjadi cara terbaik untuk mengatasi insomnia.

Hendaknya setiap hari Anda memiliki waktu tidur yang cukup. Jika mengalami insomnia maka Anda harus segera mengatasinya dengan tepat, termasuk berkonsultasi dengan dokter, mengingat dampak kurang tidur bagi kesehatan sangat berbahaya.

Baca info kesehatan lainnya: Shalat dan Manajemen Stres Untuk Ketenteraman Hati

*) Penulis: Dr. Amrizal Zuhdy, dokter medis di salah satu puskesmas di Provinsi Sumatera Utara. Selain memberikan pelayanan kesehatan, juga aktif berbagi informasi kesehatan di blog pribadi DrZuhdy.com dan PenyakitJantung.id.

awefawef99687