Pakar Non-Muslim Bruce Lawrence Mengatakan Islam Sesuai dengan Modernisme


Bruce Lawrence-jpeg.image

Bruce Lawrence, Professor of Islamic Studies at the Duke University

CHENNAI (SALAM-ONLINE): Islam menjadi ajaran (sistem) yang sepenuhnya sesuai dengan modernisme. Islam diterima sebagai eksistensi yang diperlukan.

Hal ini dikatakan oleh seorang non-Muslim yang merupakan pakar Studi Islam, Bruce Lawrence, saat memberikan pidato di sebuah kota di India, seperti dilansir IslamOnLine pada Sabtu (9/3/2013).

Saat memberikan kuliah tentang “Peninjauan Kembali Islam dalam Modernitas” di University of Madras, Profesor Emeritus dari Studi Islam di Universitas Duke ini mengatakan bahwa adalah penting membedakan antara istilah “modernitas” dan “modernisme”.

Lawrence mengatakan bahwa jika konsep modernisme adalah salah satu yang memberikan ruang untuk keyakinan, Islam sesuai dengan kerangka ini. Tapi, ketika modernisme diartikan sebagai sesuatu yang didasarkan pada penolakan terhadap keyakinan itu sendiri, dia menjelaskan hal itu tidak dapat diterima oleh Islam.

Dalam kesimpulan pidatonya, Prof Lawrence juga menyatakan bahwa cadar merupakan isu yang disalahpahami. Bahwa cadar merupakan simbol kesederhanaan, bukan alat penindasan. (arrahmah.com), salam-online