Global March to Jerusalem di Hari Jumat yang Diberkahi

JALUR GAZA (salam-online.com):  Puluhan ribu rakyat Palestina ikut serta dalam Global March to Jerusalem (GMJ) dari beberapa bagian Jalur Gaza pada hari Jum’at (30/3/2012) menuju penyeberangan Beit Hanoun di utara Jalur Gaza.

Komite Hamas mengatakan bahwa puluhan bus membawa para demonstran dari beberapa bagian Jalur Gaza di tengah-tengah partisipasi para demonstran yang lain yang juga ikut dalam protes internasional GMJ tersebut.

Perdana Menteri pemerintah Gaza, Ismail Haneyya, juga ikut berpartisipasi dalam long march itu bersama dengan delegasi parlemen Mesir yang sedang mengunjungi Gaza.

Dr Ahmad Abu Halabeyya, anggota tinggi Komite Nasional GMJ, mengatakan bahwa partisipasi yang besar di Gaza, Tepi Barat dan dari luar Palestina menunjukkan bahwa Yerusalem (Al-Quds) adalah tanah suci yang didukung oleh masyarakat internasional, tak hanya rakyat Palestina.

Ahmad menambahkan bahwa ia berharap partisipasi sekitar 3 juta orang dari 80 negara dunia yang berbeda.

Baca Juga

Selain itu, puluhan ribu rakyat Yordania dan para aktivis solidaritas asing dan arab juga ikut serta dalam aksi GMJ pada hari Jum’at yang diberkahi itu di daerah Kafrain di utara Lembah Yordania, dekat perbatasan Yordania-Palestina.

Pemimpin Ikhwanul Muslimin yang ikut serta dalam GMJ mengatakan, “Al-Aqsha saat ini ada di hati-hati kami dan perkumpulan ini yang partisipannya dari seluruh dunia mengambil bagian dalam menuntut diakhirinya penjajahan dan pengembalian hak-hak rakyat Palestina yang telah mengorbankan ribuan syuhada dan ribuan tahanan.”

Koordinator GMJ, Dr Yahya Halloum, mengatakan bahwa delegasi dari 80 negara berpartisipasi dalam aksi demonstrasi ini, di antaranya adalah India, Indonesia, Malaysia, Prancis, Inggris, Maroko, yang masing-masing menyampaikan pesan dukungan mereka untuk Palestina. (siraaj/arrahmah.com)

 

Baca Juga