China Geser India Sebagai ‘Ibukota Diabetes’ Dunia

JAKARTA (salam-online.com): India dan China diprediksi akan kembali menggondol gelar sebagai negara dengan jumlah penderita diabetes terbesar di dunia pada beberapa tahun ke depan, terutama karena perubahan gaya hidup masyarakatnya yang sangat cepat.

Menurut Diabetes Atlas yang dibuat oleh International Diabetes Federation (IFD), pada tahun 2011 China telah menggeser posisi India sebagai ‘Ibukota Diabetes Dunia’ dengan jumlah penderita diabetes tercatat mencapai 90 juta orang. China telah melampaui rekor India yang mengantongi 61,3 juta orang. Posisi ketiga diduduki oleh Amerika Serikat dengan jumlah penderita lebih dari 23 juta orang.

“China dan India memiliki jumlah kasus diabetes maksimal. Hal ini disebabkan oleh ukuran populasinya yang sangat besar dan perubahan gaya hidupnya yang sangat cepat selama dua dekade belakangan seperti berkurangnya aktivitas fisik,” kata Jeane Claude Mbanya, Presiden IDF yang mengungkap data ini.

“Selain itu, karena ukuran populasinya yang sangat besar maka kemungkinan penyakit tersebut menyebar melalui gen bisa lebih tinggi,” lanjut Mbanya seperti dilansir newkerala, Jumat (6/7/2012).

Untuk mengatasinya, sejauh ini operasi bariatrik merupakan metode pengobatan yang paling ditawarkan bagi penderita obesitas. Oleh karena itu pada tahun lalu IDF telah meminta para penderita untuk mempertimbangkan operasi tersebut lebih awal, terutama bagi penderita diabetes yang juga mengalami obesitas.

Operasi bariatrik adalah tindakan bedah di bagian lambung dan saluran pencernaan untuk mengurangi volume makanan yang bisa dikonsumsi dan diserap oleh tubuh.

Baca Juga

Senada dengan itu, pendiri Centre for Obesity and Diabetes Surgery (CODS) di India, dr. Muffazal Lakdawala mengatakan, “Sepakat dengan posisi IDF terhadap operasi bariatrik, masuk akal jika kami meminta seluruh pemimpin dunia untuk memberitahukan kepada masyarakat, khususnya di Cina dan India tentang manfaat operasi tersebut bagi penderita diabetes dalam jangka panjang.”

“Operasi metabolik semacam ini harus diperkenalkan secara luas sekaligus untuk menghilangkan mitos yang terkait dengannya. Operasi bariatrik dan metabolik justru memodifikasi sistem pencernaan manusia dengan baik,” tambah Lakdawala.

Diabetes, obesitas, dan lainnya, seperti disebut di atas, erat kaitannya dengan gaya hidup. Umumnya orang yang dengan gaya hidup berlebih-lebihan, memang, sangat mudah terserang beragam penyakit, termasuk diabetes. Dan, apa saja, sesuatu yang berlebih-lebihan adalah tidak baik, sebagaimana termaktub dalam Al-Qur’an. (detik/salam-online)

Baca Juga