Menghilangkan Sakit Kepala tanpa Obat, Ini Tipsnya

HIDUP SEHAT (salam-online.com): Sakit kepala terjadi sebagai gejala penyakit lain atau karena sebagian fungsi organ tubuh yang tidak berjalan. Biasanya karena sinus atau karena gangguan penglihatan. Karena itu ketika terkena sakit kepala, lebih baik menggunakan cara-cara alami untuk mengatasinya. Ini sebagian cara yang direkomendasikan medis akademi Amerika  untuk terapi sakit kepala:

1. Memperbanyak minum air putih.

ilustrasi-inet

Sebab kekurangan cairan di tubuh adalah faktor paling utama sakit kepala. Karena itu perbanyak minum air putih. Jika terkena sakit kepala, maka minumlah air putih pelan-pelan, sebagaimana hindari berdiri pelan-pelan.

2.  Jauhi melihat monitor komputer.

Radiasi yang keluar dari komputer menyebabkan sakit di bagian kepala. Karena itu hindarilah kontak mata dengan monitor komputer dari waktu ke waktu terutama ketika terserang sakit kepala.

3. Bernapas pelan-pelan.

Tutuplah mata Anda untuk membantu otot-otot  supaya rileks. Tarik napas dan lepas pelan-pelan agar saraf Anda ikut rileks.

4. Minum teh dengan lemon.

ilustrasi-inet

Minumlah satu gelas teh dan juice lemon hangat dengan pelan-pelan. Ini akan membantu menghilangkan sakit kepala.

5. Makan bubur hangat.

Baca Juga

Makanlah bubur hangat kemudian rileks-kan badan Anda dengan berbaring di ruangan atau kamar yang minim cahaya.

6. Berendam di air hangat.

Agar otak tenang dan sakit kepala hilang, Anda bisa berendam di air hangat.

7. Memijat hidung.

Gunakan telunjuk dan ibu jari untuk memijat hidung Anda dengan lembut, kemudian pijat kedua pelipis untuk mengurangi rasa sakit di bagian kepala.

8. Mengompres kepala dengan air dingin.

Ambil sepotong kain atau handuk lembut yang dicelup dengan air dingin dan kompres di bagian belakang kepala dan leher. Ini akan membantu relaksasi dan mengurangi rasa sakit.

9. Lakukan latihan berpikir.

Pejamkan mata kemudian tarik napas pelan-pelan dan tahan di paru-paru selama 5 detik. Kemudian lepaskan pelan-pelan. Dalam kondisi seperti itu pikirkan hal-hal menyenangkan yang melahirkan ketenangan dan kebahagiaan untuk mengurangi ketegangan di bagian otot-otot wajah dan seluruh tubuh. Semoga bermanfaat. (atb/spirit/salam-online)

dari berbagai sumber

Baca Juga