Assad Shalat Id, ‘Salam’ Mendahului Imam

DAMASKUS (salam-online.com): Presiden Suriah Bashar al-Assad nampaknya lupa tata cara shalat. Dia mengucapkan salam ke kanan lebih dulu dari Imam di Masjid Hamad, Kota Damaskus, tempat dipilih untuk melakukan Shalat Idul Fitri.

Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Ahad (19/8/2012), sebuah rekaman menunjukkan Assad gelisah selama melaksanakan shalat yang berlangsung 11 menit itu. Alih-alih ibadah yang khusyu’, Assad malah mendahului gerakan imam.

Assad biasanya melaksanakan Shalat Id di Masjid Agung al-Amawi. Dia memilih Masjid lebih kecil lantaran dinilai aman. Diktator itu datang bersama Menteri Luar Negeri Walid al-Mualim dan sejumlah pejabat penting Suriah.

Lelaki 46 tahun itu datang bersama pasukan lengkap dengan anjing penjaga. Seluruh Masjid dan lingkungan di sekitarnya diperiksa dengan teliti. Penembak jitu dikerahkan untuk melindungi Assad dari serangan pemberontak.

Presiden Suriah itu baru muncul kembali ke publik. Dia membatasi diri tampil di muka umum saat konflik bersenjata mulai pecah tahun lalu.

Bentrokan pasukan oposisi dan tentara Suriah rezim Assad terus berlangsung meski dalam suasana Idul Fitri. Saat Assad dan kabinetnya shalat, sekitar 47 orang di Damaskus dan 51 orang di Kota Daara, tewas. Perserikatan Bangsa-Bangsa membuat laporan selama konflik lebih dari 20 ribu orang meninggal dan sejuta lebih mengungsi. (merdeka/salam-online)

Baca Juga
Baca Juga