Inilah Peran Penting Vihara dalam Memerangi Muslim Rohingya

ARAKAN (salam-online.com): Sebuah sumber, seorang jurnalis di Burma, seperti dikutip oleh Rohingya Blogger mengatakan bahwa Vihara berperan penting dalam mendistribusikan senjata bagi warga Buddhis untuk memerangi Muslim Rohingya di Arakan.

Dia mengatakan, dalam beberapa pekan belakangan ini terlihat jelas bahwa Vihara memainkan peran penting dalam mendistribusikan senjata kepada penduduk etnis Rakhine (Buddhis).

Kaum Muslimin di Maungdaw kembali dalam ketakutan, kata sumber, setelah melihat pedang-pedang panjang diturunkan dari truk-truk sore ini (26/8/2012), dan disimpan di sebuah Vihara Buddha di bawah kontrol U Kan Tun (warga Rakhine lokal).

Vihara itu, lanjut sumber, dibangun di dekat sungai kecil dan anak sungai Maungdaw yang  berdekatan dengan tempat tinggal Muslim di Shundaripara dan Nafitdill. Itu adalah sebuah Vihara yang terisolasi di ujung timur laut dari kota.

Vihara ini.dikenal juga sebagai tempat menampung barang-barang ilegal dari Bangladesh yang dikirim melalui terusan. Dan, Vihara ini terkenal dengan kegiatan-kegiatan anti-Muslimnya.

Baca Juga
Para pemuda dari etnis Rakhine (Buddhis)

Lebih jauh sumber mengungkapkan bahwa di kota Kyauktaw baru-baru ini, senjata ditemukan dari warga Rakhine ketika desa-desa Muslim dihancurkan hingga rata dengan tanah. Meskipun beberapa warga Buddhis Rakhine diselidiki dan ditangkap, pihak berwenang tetap menutupi keadaan yang sebenarnya dari pengetahuan publik.

Muslim Rohingya di Maungdaw sangat teliti mengawasi perkembangan yang terjadi di sekitar Vihara tersebut, tetapi mereka tidak bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi segala kemungkinan terjadi, sebab kondisi mereka yang lemah.

Selain itu dikatakan bahwa pada saat terjadi kerusuhan, setiap warga Buddhis Rakhine memegang pedang di tangannya, kekuatan fisik yang warga Muslim Rohingya tidak bisa menandinginya. (arrahmah.com/salam-online.com)

Baca Juga