Diwarnai Adu Mulut dengan MUI Bogor, Pimpinan Aliran Sesat Pajajaran Siliwangi Akhirnya Bertaubat

Pimpinan Aliran Sesat Pajajaran Siliwangi Panjalu, Agus Sukarna (kanan) saat disidang di MUI Kota Bogor (detiknews)

BOGOR (salam-online.com): Agus Sukarna alias Romo Agus, pimpinan kelompok aliran sesat Pajajaran Siliwangi Panjalu disidang oleh Majelis Ulama Islam (MUI) Kota Bogor. Agus dicecar beragam pertanyaan. Adu mulut tak terhindarkan.

Sidang digelar di kantor MUI Kota Bogor, Jalan Pajajaran, Rabu (29/8/2012). Agus ditanya seputar kitab yang digunakan dan syahadat yang dimodifikasi. Ia juga dites membaca dan menulis Al-Quran. Namun Agus tidak bisa melakukannya.

Saat mencoba membaca Agus terlihat terbata-taba dan akhirnya Agus mengakui bahwa kegiatan yang dilakukan oleh kelompoknya adalah sesat dan ingin bertaubat.

“Saya mengakui jika kegiatan yang saya lakukan bersama anggota saya adalah sesat, saya juga akan bertaubat,” kata Agus Sukarna saat memberikan pernyataan dalam sidang.

Baca Juga

Sementara itu, pihak MUI Kota Bogor menjelaskan, permasalahan terhadap aliran Pajajaran Siliwangi Panjalu telah selesai. Pihak MUI telah mendapatkan pernyataan bahwa  aliran tersebut tidak akan menyebarkan atau berkegiatan di masyarakat.

Mengenai kemungkinan pihak lain yang terlibat dalam aliran ini, MUI Kota Bogor belum berpikir sejauh itu. Namun MUI akan tetap mengorek informasi itu.

“Makanya kita memanggil si pimpinan untuk mengklarifikasi, dan alhamdulilah mereka menyadari kesesatan dan kesalahannya,” ujar Ketua VI MUI Kota Bogor, H Fahrudin Sukarno.

Sidang ini diakhiri dengan peng-Islaman kembali pimpinan aliran sesat Pajajaran Siliwangi Panjalu yakni Agus Sukarna beserta ketiga anggotanya di hadapan MUI Kota Bogor dan Muspika. (detik)

Baca Juga