Bagaimana Mengatasi Problem Tekanan Darah Rendah? Ini Jawabannya

HIDUP SEHAT (salam-online.com): Tekanan darah rendah atau hipotensi akan menimbulkan gejala seperti lemas, pusing, dan gampang terkena depresi. Salah satu indikasi Anda terkena tekanan darah rendah adalah tensi yang lebih rendah dari 90/60 mmHg.

Mengatasinya dapat dengan memperbaiki pola makan. Konsumsilah makanan yang bergizi, di antaranya adalah makanan berikut ini:

Sayur bayam

Sayur bayam mengandung kalium. Selain itu juga rendah sodium dan kaya folat. Efeknya, dapat membuat peredaran darah lebih lancar dan membantu proses pembentukan sel darah merah.

Minum air mineral

Salah satu penyebab tekanan darah rendah adalah kurangnya cairan dalam tubuh atau dehidrasi. Konsumsi air mineral 8 gelas per hari adalah salah satu solusi untuk dapat menaikkan tekanan darah.

Kacang-kacangan

Baca Juga

Berbagai jenis kacang-kacangan, mulai sayur buncis, kacang merah, kacang hijau, dan lainnya dapat membantu meningkatkan tekanan darah. Ini adalah hasil penelitian dari Harvard Heart Letter.

Ayam

Protein yang dikandung oleh daging ayam membantu dalam pembentukkan sel darah, juga sel tubuh lainnya. Mengonsumsinya 3 kali seminggu dapat menjauhkan Anda dari tekanan darah rendah. Ingat, buang bagian lemaknya, agar Anda terhindar dari kolesterol jahat.

Sereal dan gandum

Makanan yang terbuat dari gandum, contohnya roti, juga sereal, dapat membuat badan lebih sehat untuk tekanan darah. Zat besi dalam jenis makanan ini mampu memperbanyak produksi sel darah merah dan menguatkan pembuluh darah. (lensaindonesia/salam-online)

 

Baca Juga