Gunung Kelud Meletus, Perbanyak Istighfar

gunung-kelud-meletus-hujan-pasir-terasa-hingga-malang-blitar-jpeg.imageKEDIRI (SALAM-ONLINE): Setelah Merapi dan Sinabung dan lainnya, kini Gunung Kelud di Kediri pun meletus dahsyat, Kamis (13/2) malam. Kediri dan kota-kota lainnya di Jawa Timur dan Jawa Tengah berselimut debu, pasir dan kerikil bebatuan. Warga di sekitar, di Kediri, diungsikan.

Bandara Juanda, Surabaya, Adi Sumarno, Solo, dan Adi Sucipto, Yogya, untuk sementara menghentikan aktivitas penerbangan karena jarak pandang yang sangat terbatas. Hujan abu dan pasir mengguyur hingga Solo, Yogya, Jawa Tengah, Ciamis dan Tasikmalaya, bahkan Bandung, Jawa Barat. Warga menggunakan payung dan masker atau penutup seadanya. Endapan abu vulkanik cukup tebal.

Aktivitas warga di sejumlah kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah terhenti, termasuk sekolah diliburkan. Perekonomian lumpuh, lantaran sejumlah kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah itu diselimuti pasir dan abu yang sangat tebal hingga mencapai 5 cm. Jalan, kendaraan, pepohonan, tanaman, perkebunan, sawah, atap dan teras-teras rumah tak luput dari abu bercampur pasir, dan kerikil bebatuan.

Keterangan yang diperoleh salam-online tentang Gunung Kelud, letusannya lebih berbahaya dari letusan Gunung Merapi atau Sinabung, karena Gunung Kelud merupakan gunung api bertipe Strato Volcano, tidak seperti Merapi dan Sinabung yang bertipe Lava Dome.

Gunung dengan tipe Lava Dome bahayanya muncul di awal seiring meluncurnya awan panas. Area terdampaknya tidak seluas Strato Volcano karena magma pada Strato Volcano tersumbat danau atau material di atasnya yang menyebabkan letusannya sangat dahsyat seperti letusan Gunung Vesuvius yang mengubur Kota Kuno Pompeii di Italia.

Maka dapat dimengerti jika gunung seperti Gunung Kelud meletus, material batu apungnya akan meluncur tinggi ke atas sampai stratosfer dan kemudian menyebar ke berbagai daerah.

Karenanya, setelah Merapi, Sinabung, dan sekarang Kelud meletus, makin perbanyaklah istighfar, minta ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang kita perbuat, dan berdoa kepada-Nya, agar meletusnya Gunung Kelud jangan sampai seperti Gunung Vesuvius yang pernah mengubur Kota Maksiat Pompeii, di Italia.

Baca Juga
Baca Juga