Bersumpah Lindungi Muslim dari Intoleransi, Merkel: “Saya tak Melihat Ada Islamisasi di Jerman”

German Chancellor Merkel gestures as she gives a speech at German sustainable development congress in Berlin
Kanselir Jerman Angela Merkel

JERMAN (SALAM-ONLINE): Kanselir Angela Merkel mengatakan dia tidak melihat “ada Islamisasi” di Jerman sebagaimana digembar-gemborkan oleh kelompok-kelompok sayap kanan yang menuduh budaya negara itu sedang terkikis oleh umat Islam.

“Saya tidak melihat adanya Islamisasi di Jerman,” kata Kanselir, saat ia bersumpah untuk melindungi umat Islam dari intoleransi yang dilakukan oleh gerakan anti-Islam.

Terkait gerakan anti-Islam yang dimotori Patriotik Eropa (PEGIDA), Merkel mengatakan dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Jumat (16/1/2015) oleh Frankfurter Allgemeine Zeitung, seperti dikutip Anadolu, “Saya tahu bahwa banyak orang merasa tidak nyaman, tapi ini mungkin karena kita hanya tahu sedikit tentang Islam.”

Dia kembali meminta warga Jerman agar tidak bergabung dengan PEGIDA yang, menurutnya, penuh dengan prasangka dan kebencian.

Baca Juga

“Kami secara sistematis bekerja pada solusi untuk mengatasi masalah warga, tetapi pada demonstrasi tersebut, ada juga beberapa motif lain,” katanya, seraya mendesak warganya untuk tidak membiarkan diri mereka dimanfaatkan oleh kelompok-kelompok sayap kanan, kelompok anti-Islam tersebut.

Gerakan Islamofobia mulai menggelar protesnya di Dresden pada Oktober tahun lalu dengan sekitar 500 pengunjuk rasa. Namun jumlah tersebut membengkak menjadi lebih dari 25.000 orang saat unjuk rasa terbaru pada Senin (12/1) lalu. (S)

Sumber: Anadolu Agency

Baca Juga