Lusinan Orang Terbunuh dalam Pertempuran Terbaru di Yaman Selatan

Yaman-Milisi pemberontak Syiah Houthi (REUTERS-Khaled Abdullah)-jpeg.image
Milisi pemberontak Syiah Houthi (Foto: Reuters/Khaled Abdullah)

ADEN (SALAM-ONLINE): Lusinan orang terbunuh dalam pertempuran terbaru antara pemberontak Syiah Houthi dengan pejuang loyalis Presiden Abedrabbo Mansour Hadi di Yaman selatan, kata para pejabat lokal seperti dikutip AFP.

Paling sedikit 19 orang anggota pemberontak Syiah Houthi dan 15 milisi pro-Hadi terbunuh ketika kedua pihak bersengketa terlibat pertempuran hebat untuk mengendalikan kota Daleh.

“Pertempuran jalanan terjadi di Daleh setelah kedatangan dalam jumlah besar bala bantuan baru Syiah Houthi dari Ibb,” kata seorang pejabat.

Kekerasan secara tajam meluas di negara yang terpecah bersuku-suku itu sejak koalisi Arab pimpian Saudi melancarkan serangan udara melawan pemberontak Syiah Houthi dukungan Iran pada 26 Maret.

Baca Juga

Daleh terletak sekitar 120 km dari utara Aden dimana Hadi mengungsi Februari lalu setelah pemberontak Syiah Houthi menguasai ibu kota Sana’a.

Dia mengungsi ke Saudi Arabia bulan lalu begitu Syiah Houthi merangsek ke kota itu.  Juga berlangsung pertempuran hebat di Aden antara para pendukung dan musuh pemimpin Yaman itu dalam beberapa hari ini.

Palang Merah meminta gencatan senjata dengan segera guna memasilitasi pengiriman bantuan dan membolehkan orang mencari air, makanan dan bantuan kesehatan, demikian AFP. (Antara)

salamonline

Baca Juga